Brilio.net - Tabung merupakan bangun ruang yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan selimut berbentuk persegi panjang. Dua sisi lingkaran yang menjadi alas letaknya sejajar dan persegi panjang yang membentuk mantel silinder. Tutup dan alas tabung memiliki titik pusat yang bisa ditarik membentuk sumbu tabung.

Untuk menghitung luas permukaan tabung, kamu perlu mengetahui ukuran di setiap sisinya. Mulai dari ukuran diameter alas yang berbentuk lingkaran hingga tinggi selimut tabung. Pasalnya, luas permukaan tabung pada dasarnya merupakan jumlah luas dari seluruh area permukaan tabung.

Dalam pelajaran matematika, perhitungan luas permukaan tabung sering kali ditemui dalam soal-soal ujian. Tak hanya volume serta luas alasnya saja, melainkan ukuran keseluruhan dari permukaan tabung juga dipertanyakan. Karenanya, kamu perlu mengetahui rumus mudah untuk menghitung luas permukaan bangun tiga dimensi tersebut.

Brilio.net melansir dari berbagai sumber, Selasa (5/9), berikut rumus luas permukaan tabung lengkap dengan contoh soal dan penyelesaiannya.

Pengertian luas permukaan tabung.

Rumus luas permukaan tabung dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Luas permukaan tabung adalah ukuran total dari seluruh area permukaan luar tabung. Permukaan luar tabung terdiri dari dua lingkaran (tutup atas dan tutup bawah) dan sebuah permukaan samping yang berbentuk selimut tabung. Untuk menghitung luas permukaan tabung, kita harus mempertimbangkan luas kedua tutup lingkaran serta luas permukaan selubungnya.

Rumus luas permukaan tabung dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Rumus umum untuk menghitung luas permukaan tabung adalah:

Luas Permukaan Tabung = 2 . Luas Tutup Lingkaran + Luas Selubung

Di mana:

- Luas Tutup Lingkaran adalah luas satu lingkaran (misalnya,
πr² dengan r sebagai jari-jari lingkaran).

- Luas Selubung adalah luas permukaan selubung tabung (dalam kasus tabung, ini adalah luas permukaan sampingnya).

Untuk menghitung luas permukaan selubung tabung, kita bisa menggunakan rumus berikut:

Luas Selubung = 2πrh

Di mana:

- π adalah konstanta Pi, sekitar 3.14159.

- r adalah jari-jari tabung (jari-jari lingkaran tutup atas atau tutup bawah).

- h adalah tinggi tabung.