Brilio.net - Saat mendengar materi lingkaran, pasti sangat akrab di ingatan kamu. Pasalnya, pelajaran lingkaran selalu ada di setiap jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Oleh karena itu, ketika melihat bentuk lingkaran pasti teringat dengan rumusnya yang tak asing seperti L = Phi r kuadrat. Nah, kali ini kamu akan diperkenalkan dengan materi luas juring lingkaran.

Lingkaran dan luas juring lingkaran merupakan dua konsep yang saling berkaitan. Lingkaran merupakan bentuk yang terdiri dari semua titik dalam bidang yang berjarak sama dari titik pusat. Lingkaran juga dapat didefinisikan sebagai elips khusus di mana dua fokus bertepatan dan eksentrisitasnya adalah 0.

Lingkaran memiliki beberapa unsur, seperti jari-jari, diameter, busur, tali busur, dan sudut pusat. Sementara, juring lingkaran merupakan bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh dua buah lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh jari-jari lingkaran.

Berikut cara menghitung luas juring lingkaran, lengkap dengan contoh soalnya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (5/9)

Pengertian juring lingkaran.

Cara menghitung luas juring lingkaran © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Juring lingkaran adalah bagian dari lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan busur lingkaran yang menghubungkannya. Dengan kata lain, juring adalah bagian dari lingkaran yang terbentuk oleh dua sudut yang berpusat pada titik pusat lingkaran. Dalam konteks ini, sudut-sudut ini dapat dinyatakan dalam satuan derajat atau radian.