Brilio.net - Limas merupakan salah satu bangun ruang yang sering diajarkan dalam materi matematika. Bangun ruang yang satu ini terdiri dari bidang datar sebagai alas, serta bidang datar (segitiga) tegak yang membentuk sebuah ruang. Dengan karakter bangun ruang seperti ini, perlu beberapa rumus sekaligus yang harus digunakan untuk menghitung volume limas.

Setiap bidang yang membentuk limas berguna untuk menghitung volumenya. Karena itu, ada beberapa rumus yang harus kamu hafalkan agar bisa menemukan volume limasnya.

Supaya kamu lebih memahami rumus volume limas ini berikut disajikan penjelasan lengkap tentang volume limas lengkap dengan contoh soal dan penyelesaiannya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (1/9).

Pengertian volume limas.

Rumus volume limas © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Volume limas adalah ukuran ruang yang diisi oleh limas. Limas adalah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk segi banyak dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga yang bertemu di satu titik puncak.

Rumus volume limas secara umum adalah:

V = 3/1 × L × t

Yang mana V adalah volume limas, L adalah luas alas, dan t adalah tinggi limas. Rumus ini berlaku untuk semua jenis limas, seperti limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan sebagainya.

Pada dasarnya ruang limas memiliki beberapa unsur, diantaranya:

1. Bidang sisi adalah sisi yang membatasi ruangan limas, yakni antara sisi alas dan sisi tegak

2. Rusuk adalah bagian garis yang perpotongannya diantara dua bidang sisi pada bangun ruang limas

3. Titik sudut adalah bagian pertemuan antara dua rusuk atau lebih pada bangun ruang limas

4. Titik puncak adalah titik pertemuan antara ujung sisi tegak limas yang saling bertemu

5. Tinggi limas adalah jarak antara titik puncak limas dengan bagian bidang sisi alasnya