Brilio.net - Belah ketupat adalah bangun datar yang berbentuk segi empat dengan empat sisi yang sama panjang dan dua pasang sudut berbeda. Belah ketupat juga merupakan salah satu jenis jajaran genjang. Sebelum lebih jauh mempelajari tentang luas belah ketupat, kamu perlu memahami ciri-ciri belah ketupat.

Dengan mengetahui ciri belah ketupat, kamu lebih mudah mengetahui setiap nilai diagonal maupun alasnya. Nah, adapun ciri khas belah ketupat yang mudah dikenali, yaitu mempunyai empat rusuk yang sama panjang, mempunyai dua buah sudut siku-siku yang masing-masing sama besar dengan sudut yang berada di hadapannya, mempunyai dua diagonal yang tidak sama panjang, serta mempunyai dua simetri lipat dan dua simetri putar.

Luas belah ketupat adalah ukuran dari total area atau bidang yang meliputi seluruh bagian dari bangun datar berbentuk belah ketupat. Belah ketupat adalah bangun datar empat sisi dengan bentuk yang mirip berlian atau belah ketupat. Sisi-sisi yang berhadapan dalam belah ketupat memiliki panjang yang sama, dan sudut antara dua sisi berturut-turut adalah 90 derajat.

Rumus luas belah ketupat dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Langsung saja, berikut rumus luas belah ketupat beserta unsur dan contoh soal dan pembahasannya. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (7/9).

Rumus luas belah ketupat

Untuk menghitung luas belah ketupat, kamu bisa menggunakan beberapa rumus, tergantung nilai yang telah diketahui. Misalnya, jika dalam soal nilai panjang diagonal telah diketahui maka dapat dirumuskan sebagai berikut.

Rumus luas belah ketupat dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

1. Jika panjang kedua diagonal belah ketupat diketahui (d1 dan d2), maka rumus yang digunakan:

Luas Belah Ketupat = (1/2) × d1 × d1 atau L = 1/2 . d1 . d2

Di mana:
- d1 adalah panjang diagonal pertama.
- d2 adalah panjang diagonal kedua.

2. Jika panjang sisi belah ketupat (s) dan sudut antara kedua diagonal (θ) diketahui, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Luas Belah Ketupat = s² × sin(θ)

Di mana:
- s adalah panjang sisi belah ketupat.
- θ adalah sudut antara dua diagonal dalam radian.