Brilio.net - Tahu nggak sih kalau limas itu tidak hanya sebuah bangun ruang dalam Matematika saja? Tetapi berkaitan dengan budaya dan sejarah di Indonesia lho. Nah, salah satu contohnya rumah limas, yang merupakan rumah adat Sumatera Selatan yang diyakini sebagai salah satu peninggalan kebudayaan Kerajaan Sriwijaya.

Rumah limas ini mulai dikenal sebagai rumah tradisional sejak Kesultanan Palembang berdiri. Rumah limas mempunyai bentuk atap yang menyerupai dengan alas persegi. Selain rumah tradisional Sumatera Selatan, ada juga bangunan-bangunan sejarah lain yang berbentuk limas seperti piramida di Mesir, Candi Borobudur di Indonesia, dan monumen Washington di Amerika Serikat. Bangunan-bangunan ini menunjukkan bahwa limas memiliki nilai artistik dan simbolik yang tinggi.

Layaknya bangun ruang lainnya, limas memiliki rumus perhitungannya sendiri mulai dari luas permukaan hingga volumenya. Dengan mengingat konsep rumusnya kamu bisa menyelesaikan setiap soal tentang limas secara umum. Termasuk luas permukaan limas. Berikut Rumus luas permukaan limas, lengkap dengan pengertian, sifat, jenis dan contoh soalnya. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber, Rabu (6/9).

Pengertian rumus limas.

Rumus luas permukaan limas dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

Rumus luas permukaan limas dan contoh soalnya
Istimewa

Limas adalah sebuah bangun ruang yang memiliki alas berbentuk segi banyak dan sisi-sisi tegak berbentuk segitiga yang bertemu di satu titik, disebut puncak limas. Limas memiliki beberapa jenis, seperti limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan lain-lain. Limas juga memiliki rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume

Sifat-sifat limas

- Limas memiliki satu sisi alas dan tidak memiliki sisi atas (tutup).

- Titik puncak dan titik sudut sisi alas dihubungkan oleh rusuk tegak.

- Semua sisi tegak limas berbentuk segitiga.

- Limas memiliki beberapa jenis, seperti limas segitiga, limas segiempat, limas segilima, dan lain-lain.

- Jenis limas ditentukan oleh bentuk alasnya, misalnya limas segiempat memiliki alas berbentuk segiempat.

- Limas memiliki rumus untuk menghitung luas permukaan dan volume