Brilio.net - Buat kamu yang kini sudah memasuki jenjang SMA, pasti nggak asing dengan rumus matriks. Ya, materi ini menjadi topik yang ditemui di jenjang SMA tepatnya dalam pelajaran matematika. Baik kamu yang masuk jurusan IPA atau IPS, materi ini selalu ada dalam mata pelajaran matematika.

Secara umum, matriks ini adalah kumpulan bilangan dalam bentuk persegi panjang yang disusun berdasarkan kolom dan baris. Buat menyelesaikannya, tentu ada rumus-rumus matriks yang digunakan. Selain itu, matriks ternyata juga berguna untuk menyelesaikan permasalahan di kehidupan nyata, baik di bidang statistik, komputer, hingga ekonomi.

Buat kamu yang sedang mempelajari matriks, berikut rumus matriks lengkap dengan contoh soal, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/9).

Definisi matriks.

Matriks dalam matematika adalah salah satu konsep fundamental yang digunakan untuk menganalisis dan memodelkan berbagai fenomena. Matriks berbentuk sebuah tabel berisi angka-angka yang diatur dalam baris dan kolom.

Selain itu, matriks dapat didefinisikan sebagai kumpulan angka yang diatur dalam baris dan kolom. Sebuah matriks biasanya dinotasikan sebagai A, B, atau C, dan memiliki dimensi yang terdefinisi oleh jumlah baris (m) dan jumlah kolom (n). Sebagai contoh, matriks A dengan 3 baris dan 2 kolom akan dinotasikan sebagai A(3x2) atau bisa disebut sebagai "matriks 3x2".

Matriks juga merupakan kumpulan bilangan atau elemen yang disusun dalam baris dan kolom. Matriks sering digunakan untuk merepresentasikan dan memanipulasi data dalam berbagai konteks. Matriks biasanya dinotasikan dengan huruf kapital seperti A, B, atau C, dan elemen-elemennya dilambangkan dengan indeks baris dan kolom, seperti a_ij, b_ij, atau c_ij.