Brilio.net - Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan bentuk-bentuk kerucut. Contohnya topi ulang tahun, es cream cone kesukaan kamu, dan berbagai benda-benda lainnya di sekitar kita mempunyai bentuk seperti kerucut lho.

Kerucut adalah salah satu bangun ruang yang sering muncul dalam soal matematika dan fisika. Biasanya soal-soal seputar kerucut cenderung berkaitan dengan menghitung volume dan luas permukaan kerucut. Sangat jarang ditemukan soal-soal dalam matematika tentang keliling alas kerucut. 

Meski begitu, penting untuk mempelajari cara menghitung, ciri, sifat dan contoh soal lainnya. Sebab, dengan begitu kamu bisa lebih memperdalam pemahamanmu tentang bangun ruang kecurut ini. Berikut rumus keliling alas kerucut, beserta ciri, sifat, contoh soal dan cara pengerjaannya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (8/9).

Pengertian keliling alas kerucut.

 Rumus keliling alas kerucut © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Kerucut adalah salah satu bangun ruang tiga dimensi yang memiliki ciri khas berbentuk seperti tumpul dengan dasar berupa lingkaran dan satu sisi yang membentuk permukaan lengkung menuju ke puncak yang disebut "apex" atau "pusat" kerucut. Kerucut memiliki dua bagian utama yaitu alas (basis) dan sisi kerucut (lateral).

Sementara, pengertian keliling alas kerucut adalah ukuran panjang tepi lingkaran yang menjadi alas kerucut. Alas kerucut berbentuk lingkaran, dan keliling alas ini merupakan jumlah panjang semua tepi lingkaran tersebut. 

Bisa dibilang, keliling alas kerucut adalah hasil perhitungan panjang garis yang mengelilingi lingkaran pada bagian bawah kerucut. Parameter ini jarang digunakan dalam konteks kerucut, karena biasanya lebih fokus pada volume dan luas permukaan kerucut. Namun, dalam beberapa kasus, pengukuran keliling alas kerucut bisa memiliki relevansi, terutama jika kamu ingin mengetahui panjang tepi dasar kerucut.

Untuk mengukur keliling alas kerucut, bisa menggunakan rumus dasar untuk menghitung keliling lingkaran, yang dinyatakan sebagai:

Keliling alas kerucut (C) = 2 x π x r