Brilio.net - Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka, bentuk, pola, dan logika. Matematika memiliki banyak manfaat dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bidang ekonomi, teknologi, sains, seni, dan lainnya. Matematika juga dapat melatih kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Oleh karena itu, mempelajari matematika adalah hal yang penting dan bermanfaat bagi setiap orang.

Salah satu materi matematika yang sering dipelajari adalah tentang tabung. Tabung adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. 

Tabung memiliki 3 sisi dan 2 rusuk. Kedua lingkaran ini disebut alas dan tutup tabung, dan persegi panjang yang menutupinya disebut selimut tabung. Mempelajari tabung dapat membantu kita menghitung volume dan luas permukaan dari berbagai benda atau wadah yang berbentuk tabung, seperti kaleng, botol, pipa, silinder, dll.

Berikut rumus tinggi tabung, lengkap dengan pengertian, ciri, dan cara pengerjaannya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (27/9).