Brilio.net - Trapesium adalah sebuah bangun datar dua dimensi yang memiliki dua pasang sisi sejajar namun panjangnya berbeda. Trapesium sering ditemukan di berbagai benda di sekitar kita, seperti atap rumah, jendela, pintu, meja, dan lain-lain. Dengan mengetahui rumus-rumus trapesium, kamu bisa menghitung luas, keliling, tinggi, atau sisi miring dari benda-benda tersebut.

Berikut cara menghitung keliling trapesium, lengkap dengan ciri dan contoh soal. Brilio.net menghimpun dari berbagai sumber pada Jumat (22/9).

Rumus keliling trapesium.

Cara menghitung keliling trapesium © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Untuk menghitung keliling trapesium, kamu perlu mengetahui panjang dari keempat sisinya. Jika kamu hanya mengetahui panjang sisi sejajar dan tinggi trapesium, kamu bisa menggunakan teorema Pythagoras untuk mencari panjang sisi miringnya. Namun, apabila hanya mengetahui panjang sisi sejajar dan luas trapesium, kamu bisa menggunakan rumus luas trapesium untuk mencari tinggi trapesium, lalu menggunakan teorema Pythagoras untuk mencari panjang sisi miringnya.

Rumus keliling trapesium adalah jumlah dari semua panjang sisinya. Jadi, jika trapesium memiliki sisi atas (a), sisi bawah (b), sisi kiri (c), dan sisi kanan (d), maka rumus keliling trapesium adalah:

Keliling trapesium = a + b + c + d

Ciri-ciri trapesium.

Cara menghitung keliling trapesium © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Sebagai bangun datar yang dibentuk oleh empat rujuk. Trapesium memiliki beberapa ciri khas, diantaranya:

1. Memiliki empat sisi dan empat titik sudut.

2. Memiliki sepasang sisi yang sejajar, yang disebut sisi atas dan sisi bawah.

3. Memiliki sudut di antara sisi sejajar sebesar 180 derajat.

4. Memiliki tinggi yang tegak lurus dengan sisi sejajar.

Trapesium juga memiliki beberapa jenis, yaitu:

1. Trapesium sembarang, yaitu trapesium yang keempat sisinya berbeda panjang dan tidak memiliki sudut siku-siku. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipat, hanya simetri rotasi.

2. Trapesium sama kaki, yaitu trapesium yang memiliki sepasang sisi yang sama panjang, selain memiliki sepasang sisi yang sejajar. Trapesium ini memiliki satu simetri lipat dan satu simetri rotasi.

3. Trapesium siku-siku, yaitu trapesium yang memiliki dua sudut siku-siku. Rusuk-rusuk yang sejajar tegak lurus dengan tinggi trapesium ini. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipat, hanya simetri rotasi.