Brilio.net - Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang angka, bentuk, pola, dan logika. Salah satu cabang matematika yang berkaitan dengan bentuk adalah geometri. Geometri adalah cabang matematika yang mempelajari tentang bentuk-bentuk ruang dan datar, serta hubungan antara mereka. Salah satu bentuk datar yang sering dipelajari dalam geometri adalah trapesium.

Trapesium adalah sebuah bangun datar yang memiliki empat sisi, di mana dua sisinya sejajar tetapi berbeda panjang. Trapesium termasuk dalam jenis persegi panjang dengan simetri rotasi. Ada tiga jenis trapesium, yaitu trapesium sembarang, trapesium sama kaki, dan trapesium siku-siku.

Untuk menghitung luas, volume dan keliling trapesium, kamu dapat menggunakan rumus-rumus tertentu yang berbeda untuk setiap jenis trapesium. Pada artikel ini brilio.net akan membahas tentang volume trapesium yang sering muncul dalam soal-soal ujian.

Berikut rumus volume trapesium, lengkap dengan sifat, ciri, dan contoh soalnya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/9).

Pengertian volume trapesium.

cara menghitung rumus volume trapesium © 2023 brilio.net

cara menghitung rumus volume trapesium
freepik.com

Volume trapesium adalah ukuran ruang yang ditempati oleh sebuah bangun ruang yang berbentuk trapesium. Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, di mana dua sisinya sejajar tetapi berbeda panjang. Volume trapesium dapat dihitung dengan rumus:

Volume = (1/2 x (sisi atas + sisi bawah) x tinggi) x lebar

Ciri-ciri trapesium.

cara menghitung rumus volume trapesium © 2023 brilio.net

cara menghitung rumus volume trapesium
Istimewa

- Trapesium adalah bangun datar yang memiliki empat sisi, di mana dua sisinya sejajar tetapi tidak sama panjang.

- Trapesium memiliki dua alas, yaitu sisi yang sejajar, dan dua kaki, yaitu sisi yang tidak sejajar.

- Trapesium memiliki empat sudut, yang besarannya tergantung pada jenis trapesium.

- Trapesium memiliki dua diagonal, yaitu garis yang menghubungkan dua sudut yang tidak bersebelahan.

- Trapesium memiliki tinggi, yaitu jarak antara kedua alasnya.