Brilio.net - Layang-layang merupakan permainan tradisional yang nggak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Layang-layang terbuat dari bahan tipis seperti kertas atau plastik yang diberi kerangka dari bambu atau besi dan dihubungkan dengan tali atau benang ke pengendali. Dalam matematika, layang-layang merupakan bangun datar yang menyerupai belah ketupat.

Tetapi keduanya berbeda, sebab layang-layang mempunyai dua sisi pasang yang sama panjang, namun tidak sejajar. Selain bentuknya yang khas, ternyata layang-layang juga mempunyai sifat khusus, seperti dua diagonal yang berpotongan dan saling tegak lurus, dua sudut yang sama besar, dan satu sumbu simetri.

Sifat dan bentuknya yang khas ini membuat rumus layang-layang menarik untuk dipelajari. Apalagi materi tentang rumus layang-layang sering muncul dalam berbagai ujian di sekolah. Tak hanya menghitung luasnya, dalam matematika juga terdapat materi menghitung keliling layang-layang.

Untuk menghitung rumus keliling layang-layang nggak rumit kok. Kamu hanya perlu mengingat bentuk layang-layang dan rumusnya yang mudah. Dengan begitu, akan lebih mudah menjawab setiap soal-soal layang-layang yang berikan. Berikut rumus keliling layang-layang, beserta ciri, contoh soal, dan cara pengerjaannya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (15/9).

Rumus keliling layang-layang

Rumus keliling layang-layang dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Keliling layang-layang adalah jumlah panjang dari semua sisinya. Layang-layang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang, tetapi tidak sejajar. Untuk mengetahui rumus menghitung keliling layang-layang pahami gambar berikut:

Rumus keliling layang-layang dan contoh soalnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Pada gambar tersebut terdapat sifat bangun datar layang-layang, diketahui bahwa ukuran sisi AB = ukuran sisi AD = a, ukuran sisi BC = ukuran sisi CD = b. Sehingga keliling layang-layang yaitu:

Keliling layang-layang = 2 x (sisi atas + sisi bawa) atau K = a x (a + b)

Keterangan:

K = Keliling
Sisi atas (a) = panjang sisi layang-layang yang berlawanan dengan sisi bawah.
Sisi bawah (b) = panjang sisi layang-layang yang sejajar dengan tanah atau bidang datar ketika layang-layang diletakkan.