Brilio.net - Rumus diskriminan dari persamaan kuadrat merupakan pelajaran yang nggak asing lagi bagi bagi para mahasiswa jurusan matematika. Secara umum, diskriminan merupakan suatu nilai pada persamaan kuadrat yang membedakan banyaknya akar persamaan. Artinya diskriminan digunakan untuk menentukan jenis akar sebuah persamaan kuadrat.

Untuk memahami rumus diskriminan ini tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu memahami cara pengerjaan dan sifat dasarnya. Langsung saja, berikut brilio.net berikan penjelasan lengkap tentang rumus diskriminan dari persamaan kuadrat, beserta pengertian, contoh soal dan cara pengerjaannya. Dihimpun dari berbagai sumber pada Kamis (5/10).

Pengertian diskriminan dari persamaan kuadrat.

Rumus diskriminan dari persamaan kuadrat © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Pengertian diskriminan adalah suatu nilai yang dapat digunakan untuk menentukan sifat-sifat akar-akar dari suatu persamaan polinomial, khususnya persamaan kuadrat.

Merujuk pendapat I Ketut Darma, M.Pd., dkk, pengertian diskriminan adalah suatu nilai yang menjadi penentu sifat-sifat dari akar suatu persamaan kuadrat. Diskriminan akan menentukan apakah nanti sifat akar persamaan kuadrat berupa bilangan real atau bukan (bilangan imajiner).

Tak jauh berbeda, dalam buku Buku Ajar Matematika Dasar untuk Perguruan Tinggi dari Sri Jumini, menyatakan bahwa kegunaan diskriminan adalah untuk menentukan jenis akar-akar sebuah persamaan kuadrat. Jadi, pada prinsipnya jenis akar dari persamaan kuadrat digunakan untuk mencari nilai diskriminan.

Untuk mencari diskriminan dapat diperoleh dari rumus berikut:
Rumus diskriminan dari persamaan kuadrat.

D = b - 4ac

Di mana:
a, b, dan c adalah koefisien dari persamaan kuadrat ax + bx + c = 0.

Nilai diskriminan dapat digunakan untuk mengetahui jenis akar-akar persamaan kuadrat, yaitu:

1. Jika D > 0, maka persamaan kuadrat memiliki dua akar real yang berbeda.

2. Jika D = 0, maka persamaan kuadrat memiliki satu akar real yang sama.

3. Jika D < 0, maka persamaan kuadrat memiliki dua akar kompleks yang konjugat.