Brilio.net - Statistik adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisisan data, penarikan kesimpulan, serta pembuatan keputusan yang cukup berdasarkan fakta. Statistik dapat dimaknai sebagai sekumpulan angka untuk menerangkan sesuatu, baik angka yang masih acak maupun angka yang sudah tersusun dalam suatu tabel.

Selain itu, statistik juga dapat dipahami sebagai sekumpulan cara dan aturan tentang pengumpulan, pengolahan, analisis, serta penafsiran data yang terdiri dari angka-angka. Istilah statistik digunakan untuk menyatakan kumpulan data serta bilangan dan non bilangan yang disusun ke dalam diagram atau tabel untuk menggambarkan suatu persoalan. Berdasarkan cara pengolahan datanya, statistik dibagi menjadi dua jenis, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Nah untuk mengetahui lebih jauh mengenai statistik, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (21/9).

Pengertian statistik.

tujuan dan fungsi statistik © berbagai sumber

foto: Unsplash/Justin Morgan

Secara etimologis, kata statistik berasal dari bahasa Latin yaitu status dan memiliki arti negara atau untuk menyatakan hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Dalam bahasa Indonesia, kata tersebut dapat diterjemahkan menjadi negara.

Ketika berbicara mengenai lapangan pekerjaan, baik di bidang pemerintahan, perdagangan, perkebunan, pertanian, pendidikan maupun pekerjaan lain dihadapkan dengan persoalan atau masalah yang berhubungan dengan angka. Himpunan angka ini kemudian diolah hingga dapat ditarik sebuah kesimpulan sebagai gambaran yang beralasan sebagai jawaban dari persoalan. Kemudian, pemimpin perusahaan umumnya akan menyajikan angka tersebut ke dalam daftar atau tabel. Hal inilah yang dimaksud dengan statistik.

Jadi, secara terminologi, statistik adalah sebuah kesimpulan yang berbentuk faktual yang dipaparkan ke dalam bentuk daftar atau tabel sebagai jawaban atas persoalan yang ada.