Brilio.net - Molalitas adalah istilah kimia yang digunakan untuk mengukur konsentrasi suatu zat dalam sebuah larutan. Molalitas didefinisikan sebagai jumlah mol zat terlarut yang terdapat dalam satu kilogram pelarut.

Molalitas juga merupakan salah satu cara untuk mengukur konsentrasi dalam kimia dan sering digunakan dalam percobaan kimia dan analisis kimia. Contoh penggunaan molalitas adalah ketika mengukur jumlah mol garam.

Misalnya, mengukur natrium klorida (NaCl) yang terlarut dalam satu kilogram air. Jika terdapat 1 mol NaCl dalam 1 kilogram air, maka larutan tersebut memiliki molalitas 1 mol/kg. Nah, supaya lebih memahami tentang molalitas, brilio.net akan membahas tentang rumus molalitas beserta pengertian, satuan, dan contoh soal yang dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/10).

Pengertian molalitas.

rumus molalitas beserta pengertian, satuan, dan contoh soal © berbagai sumber

foto: pexels.com

Molalitas adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsentrasi larutan. Molalitas juga dapat didefinisikan sebagai jumlah mol zat terlarut yang dilarutkan dalam 1 kilogram pelarut.

Dalam ilmu kimia, molalitas adalah salah satu ukuran konsentrasi larutan yang didefinisikan sebagai jumlah mol zat terlarut yang terkandung dalam satu kilogram pelarut. Ahli kimia mengukur konsentrasi larutan ini dengan molalitas untuk menghindari masalah yang mungkin timbul dari perubahan volume yang signifikan yang bisa terjadi pada pelarut saat berubah suhu.

Dengan kata lain, molalitas digunakan untuk mengukur jumlah zat terlarut terhadap jumlah pelarutnya Molalitas berfokus pada massa pelarut sehingga tidak dipengaruhi oleh perubahan suhu atau tekanan. Molalitas biasanya digunakan dalam kondisi di mana perubahan volume pelarut berdampak pada konsentrasi zat terlarut dalam larutan, seperti dalam reaksi kimia di laboratorium.