Brilio.net - Dalam pelajaran matematika, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan materi bangun datar. Beberapa bentuk bangun datar yang dipelajari adalah persegi, persegi panjang, layang-layang, segitiga, dan trapesium. Trapesium adalah salah satu bangun datar yang memiliki empat sisi dengan dua sisi yang sejajar dan dua sisi tidak sejajar.

Dua sisi yang sejajar memiliki panjang yang sama atau memiliki ukuran sebanding, sementara dua sisi yang tidak sejajar biasanya memiliki panjang berbeda. Terdapat beberapa jenis trapesium, yaitu trapesium siku-siku, trapesium sama sisi, dan trapesium sama kaki. Trapesium siku-siku merupakan trapesium yang memiliki dua sudut siku-siku atau berukuran 90 derajat.

Bangun datar trapesium siku-siku dapat dihitung luasnya dengan menggunakan rumus luas trapesium siku-siku. Supaya kamu lebih paham tentang bangun datar satu ini, yuk simak ulasan brilio.net tentang rumus luas trapesium siku-siku lengkap dengan pengertian, sifat, dan contoh soal yang dirangkum dari berbagai sumber pada Jumat (20/10).

Pengertian dan rumus luas trapesium siku-siku.

 rumus luas trapesium siku-siku © berbagai sumber

foto: Istimewa

Trapesium siku-siku merupakan bangun datar yang salah satu sudutnya berukuran 90 derajat (sudut siku-siku). Trapesium siku-siku juga tidak memiliki simetri lipat dan tidak memiliki simetri putar. Salah satu sisi trapesium siku-siku terlihat seperti persegi panjang karena terdapat dua sudut siku-siku yang berdekatan.

Bentuknya juga lebih panjang atau lebih lebar, tergantung pada panjang sisi-sisinya. Salah satu contoh umum trapesium siku-siku adalah trapesium dengan sudut kanan pada salah satu sudut bawahnya yang digunakan dalam konteks matematika dan geometri.

Tak hanya dipelajari dalam ilmu matematika, bangun datar trapesium siku-siku juga dapat dijumpai di kehidupan sehari-hari seperti bentuk buku atau majalah, laptop, lemari pakaian, bentuk rencana arsitektur, hingga kotak penyimpanan.

Rumus luas trapesium siku-siku adalah sebagai berikut:

Luas = (1/2) × (jumlah panjang sisi sejajar) × (tinggi)

Dalam rumus ini, ‘jumlah panjang sisi sejajar’ adalah jumlah panjang dua sisi yang sejajar, dan ‘tinggi’ adalah jarak tegak lurus dari salah satu sisi yang tidak sejajar ke sisi sejajar yang berlawanan. Rumus ini mirip dengan rumus luas trapesium sama kaki, tetapi dalam trapesium siku-siku, satu sudutnya merupakan sudut siku-siku yang memberikan sifat khusus pada perhitungan luasnya.