Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang paling penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan kata-kata, seseorang dapat menyampaikan pikiran, perasaan, dan informasi kepada orang lain. Namun, tanpa disadari, kita seringkali menjumpai kalimat yang tidak padu dalam percakapan sehari-hari.

Apa itu kalimat tidak padu? Dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai macam jenis frasa dan kata yang berguna sebagai unsur pembentuk suatu kalimat sampai paragraf. Dalam suatu paragraf, apabila terdapat suatu kalimat yang jauh dari jalur topik diskusi serta tidak mendukung ide utama dalam paragraf, maka kalimat tersebut dapat dikatakan kalimat tidak padu.

Kalimat tidak padu juga dikenal dengan sebutan "kalimat cacat gramatikal". Singkatnya, kalimat ini merupakan lawan dari kalimat padu. Kalimat tidak padu dapat membuat komunikasi menjadi tidak efektif, karena pesan yang disampaikan dapat menjadi samar atau bahkan salah diinterpretasikan oleh penerima pesan.

Supaya lebih jelas, simak 20 contoh kalimat tidak padu dalam bahasa Indonesia, lengkap dengan ciri-ciri dan penjelasannya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/9).

Pengertian kalimat tidak padu

Contoh kalimat tidak padu dalam bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kalimat tidak padu merupakan kalimat yang tidak sesuai tema atau inti dari pembahasan utama atau dapat dibilang kalimat ini tidak memiliki korelasi dengan kalimat lainnya pada suatu paragraf. Kalimat tidak padu juga seringkali bertentangan dengan ide paragraf yang hendak disampaikan. Kalimat ini juga bisa saja terjadi karena adanya kesalahan penulisan pada saat menyisipkan gagasan ke dalam sebuah kalimat sehingga terbentuk paragraf.

Hal yang harus diperhatikan guna mengidentifikasikan kalimat tidak padu adalah dengan menentukan kalimat utama yang memuat ide pokok paragraf. Kemudian tentukan beberapa kaliama penjelas yang mendukung serta berkesesuaian dengan kalimat utama. Jika terdapat kalimat yang tidak sambung dengan kalimat utama dan penjelas, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut adalah kalimat tidak padu.2

Ciri-ciri kalimat tidak padu

Kalimat tidak padu mempunyai beberapa ciri-ciri yang signifikan sehingga dapat sangat terlihat jelas saat terbentuk menjadi paragraf. Berikut ini adalah ciri-ciri kalimat tidak padu.

1. Kalimat tak padu seringkali keluar dari inti permasalahan yang sedang dibicarakan dalam kalimat.

2. Kalimat tidak padu jika diperhatikan konten kalimatnya tidak sambung atau tidak berkesinambungan serta tidak mendukung kalimat lainnya dalam paragraf.

3. Kalimat tidak padu seingkali bertentangan dengan ide pokok pada kalimat utama dalam paragraf. Jika pembaca mencermati tiap kalimat pada paragraf, maka akan dengan mudah mengidentifikasi kalimat tak padu tersebut.