Brilio.net - Dalam bahasa Indonesia terdapat banyak sekali jenis-jenis kalimat. Kalimat tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan sampai tidak disadari. Kalimat klasifikasi dan kalimat definisi mungkin menjadi salah satunya. Dalam melakukan percakapan atau dialog seseorang mungkin banyak yang menggunakan kalimat klasifikasi dan kalimat definisi. Mempelajari tentang apa itu kalimat klasifikasi dan kalimat definisi dapat meningkatkan kemahiran seseorang dalam berbahasa, khusunya dalam bahasa Indonesia.

15 Contoh kalimat klasifikasi dan definisi bahasa Indonesia lengkap © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian kalimat klasifikasi dan kalimat definisi

Agar dapat membedakan mana kalimat kalsifikasi dan mana kalimat definisi, alangkah baiknya mengetahui pengertian dari kalimat-kalimat tersebut terlebih dahulu.

Kalimat klasifikasi

Kalimat klasifikasi menjelaskan tentang suatu penggolongan atau menunjukan klasifikasi suatu objek menjadi beberapa indikator. Penggolongan kata yang dilakukan mencakup tiga hal, diantaranya objek yang dilaporkan, dasar pengelompokan, dan jumlah anggota objek. Sederhananya, kalimat ini memiliki maksud dan tujuan untuk mengelompokkan suatu objek menjadi beberapa indikator (petujuk dan keterangan) yang berdasarkan pada ciri maupun karakteristik yang dimiliki.

Adapun beberapa ciri-ciri dari kalimat klasifikasi adalah adanya penggolongan berdasarkan sifat dan karakteristik tertentu, serta bersifat informatif. Informasi yang disajikan bersifat fakta dan tidak ada unsur opini sama sekali. Biasanya kalimat klasifikasi dalam bahasa Indonesia sering ditemukan pada buku pelajaran, buku ilmiah, media cetak hingga media online.

Kalimat definisi

Kalimat definisi merupakan kalimat yang berupa penjelasan terhadap suatu objek atau benda. Secara singkat, pengertian definisi yaitu berarti batasan atau arti, dapat juga diartikan sebagai kata, frasa, ataupun kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, ataupun ciri utama dari orang, proses, benda, ataupun aktivitas. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi merupakan kalimat yang mengungkapkan sebuah makna, keterangan, ataupun ciri utama dari orang, benda, aktivitas, dan juga proses. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengertian kalimat definisi merupakan serangkaian kata yang bertujuan untuk menjelaskan suatu tulisan, baik itu arti ataupun makna dari suatu objek.

Selain itu, kalimat definisi juga bisa diartikan sebagai uraian yang mempunyai fungsi untuk membatasi objek, konsep, dan kondisi berdasarkan waktu dan juga tempat suatu kajian. Kalimat definisi berfungsi untuk memberikan pemaknaan ataupun arti mengenai suatu hal. Dalam kalimat definisi, kata penghubung ataupun penjelas yang dipakai berupa adalah, ialah, bahwa, yakni, dan juga sebagainya. Kalimat definisi mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dari jenis jenis kalimat lain. Berikut adalah ciri-ciri kalimat definisi:
a. Penjelasan dan makna
b. Bersifat umum
c. Terdapat dalam karya ilmiah
d. Bersifat transitif
e. Tidak ada kiasan
f. Tidak selalu ada dalam sebuah teks

Contoh kalimat klasifikasi  © 2022 brilio.net

foto: pexels.com