Brilio.net - Salah satu cara mengembangkan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris adalah dengan cara melatih keterampilan penulisan bahasa Inggris. Dengan memahami jenis kalimat-kalimat bahasa Inggris maka seseorang akan dengan mudah untuk menguasai bahasa Inggris. Salah satu materi grammar tersebut adalah compound sentence atau kalimat gabungan. Secara singkat compound sentence merupakan kalimat majemuk dalam tata bahasa Inggris. Kalimatnya terdiri atas 2 independent clause.

Contoh kalimat compound © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian compound sentence

Compound sentence adalah kalimat yang menggabungkan dua klausa yang dapat berdiri sendiri, yang dihubungkan dengan sebuah kata hubung atau konjungsi. Salah satu keuntungan menggunakan compound sentences adalah untuk mengefektifkan kalimat yang akan ditulis atau ungkapkan. Dalam satu klausa yang dapat berdiri sendiri atau independent clause, maka harus menggunakan satu subject dan satu verb. Dengan demikian, ketika menulis sebuah compound sentence, maka harus menggunakan dua subject dan dua verb, karena untuk menggabungkan dua independent clause tersebut. Lebih jelasnya, kedua kalimat tersebut dapat dihubungkan dengan kata penghubung atau tanda koma.

Kata penghubung compound sentence

Dalam compound sentence terdapat terdapat beberapa coordinating conjuction atau kata penghubung yang dapat digunakan di dalam compound sentences. Yaitu For, and, nor, but, or, yet, so atau dapat disingkat FANBOYS.

a. For
Dalam konteks compound sentences, for dapat memiliki makna yang sama dengan because, atau alasan. Ketika for digunakan, independent clause yang kedua dalam kalimat gabungan ini akan menjadi alasan dari klausa yang pertama.

b. And
Konjungsi and merupakan konjungsi yang paling sering digunakan di dalam sebuah kalimat. Fungsi dari konjungsi ini beragam. Yaitu dapat menjadi penghubung klausa yang nilainya setara, menjadi penanda bahwa klausa yang kedua terjadi setelah klausa yang pertama, dan klausa yang kedua menjadi hasil dari klausa pertama.

c. Nor
Kata hubung nor digunakan dalam compound sentences ketika klausa pertamanya menggunakan kata negatif neither atau never. Dalam konteks compound sentence, kedua klausa pada sebuah kalimat adalah tidak benar atau tidak terjadi.

d. But
Penggunaan konjungsi but dalam sebuah compound sentence harus disesuaikan dengan keadaan klausa pertama sifatnya kontras dengan klausa kedua.

e. Or
Konjungsi or digunakan ketika menggabungkan dua klausa alternatif.

f. Yet
Konjungsi yet digunakan untuk menyakini sesuatu yang belum terjadi ini akan terjadi di kemudian hari atau di masa depan nanti. Biasanya, kata yet digunakan dalam kalimat tanya atau kalimat negatif.

g. So
Meskipun secara harfiah konjungsi so berarti (juga), namun dalam konteks compound sentences, so dapat bermakna sebagai karena, itu, atau, dan untuk alasan ini.

Contoh kalimat compound © 2022 brilio.net

foto: pexels.co