Brilio.net - Memperbanyak pembendaharaan kata merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Ada begitu banyak manfaat dari menambah kosa kata yang dimiliki, misalnya saja kamu akan mudah menulis, baik itu karya ilmiah atau tulisan populer. Selain itu, tulisanmu akan lebih hidup dan menarik orang untuk membacanya.

Dengan memiliki banyak kosa kata, kamu akan lebih mudah dalam berkomunikasi. Komunikasi dibutuhkan sebagai sarana media perantara antar satu orang dengan orang lain yang memiliki keperluan yang sama. Sementara itu, kosa kata yang kamu miliki itu nantinya akan menjadi sebuah bekal di masa depan.

Kamu dapat menggunakan kosa kata yang kamu miliki itu untuk suatu kegiatan yang formal maupun informal. Formal yaitu wajar, resmi, sesuai dengan peraturan yang ditentukan. Sedangkan informal yaitu kebalikan dari formal, tidak resmi dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Umumnya, ciri kalimat formal dan informal dalam bahasa Inggris sama seperti bahasa Indonesia. Kalimat formal dipakai ketika sedang menulis email, artikel jurnal, hasil penelitian, skripsi, naskah berita, dokumen legal, dan lain-lain. Kalimat informal dipakai ketika sedang berkomunikasi secara santai, misal dengan teman, keluarga, teman, atau orang-orang yang sudah dikenal dekat, baik itu secara langsung maupun secara virtual.

Kalimat formal biasanya menggunakan sapaan "Saya dan Anda". Kalimat informal biasanya menggunakan sapaan "Aku dan Kamu". Contoh lainnya adalah, ketika kamu sedang memesan makanan ataupun restoran, pada penggunakan kata informal pastinya memesan diartikan sebagai "book". Sementara untuk penggunaan formalnya, memesan diartikan dengan "reserve" pada bahasa Inggris.

Lalu ketika kamu sedang mengatakan 'sangat' dalam bahasa Inggris, pasti kamu langsung terbayang dengan "very". Benar sekali, "very" adalah kata yang digunakan ketika kamu menyebutkan 'sangat' dalam kalimat informal. Sedangkan pada kalimat formal, yang digunakan adalah "definitely".

Nah, kamu juga perlu memahami seperti apa bentuk kalimat formal dan informal itu. Oleh karenanya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber tentang contoh kalimat formal dan informal dalam bahasa Inggris disertai artinya, Selasa (25/10).

 

 

Magang: Ricka Milla Suatin