Brilio.net - Pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib kamu ketahui. Mata pelajaran ini sudah ada sejak duduk di bangku kelas 1 SD (Sekolah Dasar) dimulai dari pengucapan angka-angka dalam bahasa Inggris sampai dengan pembacaan abjad dalam bahasa Inggris.

Hal tersebut tidak serta merta kamu sudah cukup untuk mempelajari bahasa Inggris, namun masih banyak materi untuk kamu belajar bahasa Inggris serta bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari. Selain itu kamu juga harus sering-sering menghafalkan dan menerapkan kosa kata yang sudah dihafalkan agar mempermudah dan mempercepat kamu lancar berbahasa Inggris.

Salah satu kalimat yang dipelajari dalam bahasa Inggris adalah kalimat tanya. Dalam membentuk kalimat tanya, kamu dapat menggunakan kata bantu seperti verb do dan does.

Kamu juga dapat menggunakan verb tersebut dalam bentuk kalimat lampau yaitu did. Kalimat tanya juga dapat menggunakan to be is, am, are sebagai kata bantunya. Namun, penggunaan to be tersebut harus disertai dengan subjek yang sesuai.

Oleh karena itu, kamu wajib banget simak penjelasan di bawah ini sehingga kamu dapat memahami apa itu kalimat interogatif. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (8/9).

 

Pengertian kalimat interogatif dalam bahasa Inggris

Kalimat interogatif (interrogative sentence) adalah kalimat yang didalamnya mengandung unsur pertanyaan, atau memang kalimat tersebut utuh merupakan pertanyaan. Jenis kalimat pertanyaan yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari ketika kamu akan menanyakan sesuatu kepada lawan bicaramu. Fungsi dari kalimat ini adalah untuk bertanya atau meminta informasi kepada orang lain.

 

Jenis-jenis kalimat interogatif dalam bahasa Inggris

Dalam kalimat interogatif ada dua jenis yaitu kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban yes/no (yes/no question), dan kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban sebuah informasi (information question). Berikut penjelasan dari kedua jenis tersebut:

1. Yes/no question

Yes/no question merupakan salah satu jenis interrogative sentence yang digunakan untuk menanyakan kalimat tanya dengan jawaban yes atau no kepada lawan bicara. Adapun aturan pembentukannya sebagai berikut:

- Jika kalimat memiliki auxiliary verb (will, shall, may, can, must, dan do), maka auxiliary verb diletakkan di depan subjek.
- Jika kalimat memiliki lebih dari satu auxiliary verb, maka auxiliary verb yang pertama diletakkan di depan subjek
- Khusus simple present tense dan simple past tense, maka tambahkan kata do/does (simple present tense) dan did (simple past tense), kemudian letakkan do/does dan did di depan subjek.
- Untuk simple past tense, maka verb akan kembali ke verb 1.

Contoh kalimat interogatif dengan jenis yes/no question

- Will you have finished my report before the meeting begins tomorrow?
(Apakah Anda sudah menyelesaikan laporan saya sebelum rapat dimulai besok?)
- Was I watching TV when my younger brother cried?
(Apakah saya sedang menonton TV ketika adik laki-laki saya menangis?)
- Can we go to the cinema this weekend?
(Bisakah kita pergi ke bioskop akhir pekan ini?)
- May i borrow your book?
(Bolehkah aku meminjam bukumu?)
- Has Dina been living in Surabaya for five years before She moved to Jakarta?
(Apakah Dina sudah lima tahun tinggal di Surabaya sebelum pindah ke Jakarta?)

 

Penulis: Magang/Feni Listiyani