Brilio.net - Sebagai pelajar tentunya kamu pernah melakukan presentasi. Dalam presentasi ini kamu bisa melakukan beberapa hal sekaligus, seperti melatih publik speaking, melatih percaya diri dan juga seberapa jauh kamu memahami materi yang ingin disampaikan.

Bagi kamu yang sudah baru mencoba dan masih butuh belajar, pelajari bagaimana cara presentasi yang baik. Presentasi yang kamu ingin kamu paparkan harus menggunakan bahasa sesuai dengan materi dan keadaan. Dalam menyampaikan materi presentasi kamu juga harus menyiapkan kalimat pembuka yang menarik dan mudah dipahami.

Pengertian presentasi

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), presentasi yaitu suatu kegiatan berbicara yang dilakukan di hadapan hadirin dengan tujuan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Orang yang menyampaikan presentasi disebut sebagai pembicara atau presenter. Sedangkan, orang yang mendengarkan presentasi disebut sebagai audiens.

Tujuan presentasi 

Tujuan dari sebuah presentasi di antaranya:

- Memperkenalkan diri

 Menyebutkan nama, menampilkan riwayat hidup, dan data diri lainnya agar dikenal oleh khalayak.

- Menyampaikan informasi

Informasi yang disampaikan dapat berupa edukasi, keuangan, atau sekadar informasi untuk pemberitahuan

- Mempromosikan produk atau jasa

Di dalam presentasi juga bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada para audiensnya. Dengan memberikan informasi berkaitan detail barang atau jasa tersebut.

- Meyakinkan pendengar atau audiens

Untuk meyakinkan audiens, maka presentasi harus memiliki isi berupa informasi, data dan bukti yang tersusun secara logis.

- Memotivasi audiens

Pemimpin atau presenter juga bisa memotivasi karyawannya melalui forum itu demi tercapainya tujuan perusahaan.