Brilio.net - Kalimat ajakan atau giving invitation merupakan kalimat yang disampaikan seseorang untuk meminta orang lain melakukan sesuatu yang kita inginkan, seperti mengajak teman untuk pergi bermain, mengajak ke pesta, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Inggris sendiri kata ajakan dapat berupa "Invite", "ask", "Urge". Kata tersebut memiliki makna yang sama yaitu ajakan atau mengajak. Kalimat ajakan juga merupakan kalimat yang bersifat persuasif, hal itu yang membuat kalimat ajakan sering digunakan dalam sebuah kegiatan promosi atau imbauan.

Kalimat ajakan juga serupa dengan kalimat perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu hal. Ajakan tersebut juga bisa berupa paksaan atau permintaan yang sopan. Hal tersebut dapat dilihat dari ekspresi serta bahasa dari penyampai atau pengirim.

Kalimat ajakan tidak hanya berisi kalimat ajakan saja, kalimat ajakan juga membutuhkan kata dan kalimat-kalimat pelengkap supaya hal yang disampaikan lebih jelas dan dapat dengan mudah dipahami penerima, maka dari itu memahami kosakata merupakan kunci penting untuk membuat atau menyampaikan kalimat ajakan, khususnya dalam kalimat ajakan bahasa Inggris.

 

Magang: Agung Pradana Putra