Brilio.net - Teks merupakan sebuah wacana lisan dalam bentuk tulisan. Dalam Bahasa Inggris, jenis teks beraneka ragam, dari mulai narrative, report, news item, hingga descriptive.

Descriptive text sendiri merupakan sebuah bentuk teks yang biasanya berisi gambaran tentang sebuah objek atau juga bisa menjelaskan sebuah objek. Dalam Bahasa Inggris sendiri, teks deskripsi ini bisa menjelaskan suatu benda, hewan, tumbuhan, tempat, seseorang , hingga sebuah bangunan.

Tujuan dari teks ini adalah mendeskripsikan atau menggambarkan sebuah objek khusus dengan lebih detail. Teks descriptive biasanya fokus dengan satu buah objek saja, juga jenis teks ini ditulis menggunakan simple present tense.

Struktur dari teks ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama biasanya adalah identification (identifikasi), dan bagian kedua adalah deskription (deskripsi).

Berikut ini 25 contoh text descriptive Bahasa Inggris lengkap dengan artinya.

Contoh text descriptive Bahasa Inggris tentang hewan.

Contoh text descriptive Bahasa Inggris lengkap dengan penjelasannya berbagai sumber

foto: pixabay.com

Text descriptive 1

Honey Bee

This is an extraordinary, curious, and remarkably industrious little insect, to which mankind are indebted for one of the most palatable and wholesome sweets which nature affords; and which was one of the choice articles with which the promised land was said to abound.

In every hive of bees, there are three kinds; the queen, the drones, and the labourers: of these last, there are by far the greatest number: and as cold weather approaches, they drive from the hives and destroy the drones, that have not laboured in summer, and will not let them eat in winter.

If bees are examined through a glass hive, all appears at first like confusion: but, on a more careful inspection, every animal is found regularly employed. It is very delightful, when the maple and other trees are in bloom, or the clover in the meadows, to be abroad and hear their busy hum.

Artinya:

Lebah madu

Ini adalah serangga kecil yang luar biasa, ingin tahu, dan sangat rajin, di mana umat manusia berhutang budi atas salah satu manisan paling enak dan sehat yang diberikan alam; dan yang merupakan salah satu artikel pilihan yang dengannya tanah perjanjian dikatakan berlimpah.

Di setiap sarang lebah, ada tiga jenis; ratu, drone, dan pekerja: dari yang terakhir ini, sejauh ini ada jumlah terbesar: dan saat cuaca dingin mendekat, mereka mengusir sarang dan menghancurkan drone, yang tidak bekerja di musim panas, dan tidak akan membiarkan mereka makan di musim dingin.

Jika lebah diperiksa melalui sarang kaca, semua tampak pada awalnya seperti kebingungan: tetapi, pada pemeriksaan yang lebih hati-hati, setiap hewan ditemukan dipekerjakan secara teratur. Sangat menyenangkan, ketika maple dan pohon-pohon lain sedang mekar, atau semanggi di padang rumput, berada di luar negeri dan mendengar dengungan mereka yang sibuk.

Text descriptive 2

The Orangutan

The Orangutan is a species of the ape; it has long arms and hands, with very long fingers. It is much larger than the ape, and some have been found about six feet high, when standing erect.

It is capable of walking nearly erect; but the usual gait on the ground is like a cripple who supports himself on his hands, and draws his body forward.

Its home, like the monkey family, seems to be on the trees. The hair is of a brownish red color, and covers his back, arms, legs, and the outside of his hands and feet.

The face has no hair except whiskers on its side. He inhabits Malacca, Cochin China, and particularly the island of Borneo.

Artinya:

Orang Utan

Orang utan adalah spesies kera; ia memiliki lengan dan tangan yang panjang, dengan jari-jari yang sangat panjang. Ini jauh lebih besar dari kera, dan beberapa telah ditemukan setinggi enam kaki, ketika berdiri tegak.

Ia mampu berjalan hampir tegak; tetapi gaya berjalan yang biasa di tanah adalah seperti orang lumpuh yang menopang dirinya sendiri dengan tangannya, dan menarik tubuhnya ke depan.

Rumahnya, seperti keluarga monyet, tampaknya berada di atas pohon. Rambutnya berwarna merah kecoklatan, dan menutupi punggung, lengan, kaki, dan bagian luar tangan dan kakinya.

Wajah tidak memiliki rambut kecuali kumis di sisinya. Dia mendiami Malaka, Cochin Cina, dan khususnya pulau Kalimantan.

Text descriptive 3.

The Sheep

The Sheep is found in every quarter of the globe, and is one of the most profitable animals that mankind possesses.

His flesh is eaten by the inhabitants of all nations, and, as you know, is called mutton.

The wool of the Sheep is very valuable, and most of our clothing is made from it: that produced by the breed called Merino sheep is particularly fine, and fetches a high price.

The skin is also of service, and forms covers for many of your school-books. Sheep-washing and shearing are busy times for the farmer, and are very interesting sights.

Young sheep are called lambs—you have often seen the gentle little things skipping about in the meadows.

Artinya:

Domba

Domba ditemukan di setiap penjuru dunia, dan merupakan salah satu hewan paling menguntungkan yang dimiliki umat manusia.

Dagingnya dimakan oleh penduduk semua bangsa, dan, seperti yang Anda tahu, disebut daging kambing.

Wol Domba sangat berharga, dan sebagian besar pakaian kami dibuat darinya: yang diproduksi oleh jenis yang disebut domba Merino sangat halus, dan harganya mahal.

Kulitnya juga berguna, dan formulir sampul untuk banyak buku sekolah Anda. Mencuci domba dan mencukur bulu adalah waktu yang sibuk bagi petani, dan merupakan pemandangan yang sangat menarik.

Domba muda disebut anak domba—Anda sering melihat hal-hal kecil yang lembut melompat-lompat di padang rumput.

Text descriptive 4.

The Ants

Ants are members of insects that have more than 12,500 species (species) where the majority live in the tropics. Ants are members of the Formicidae tribe with the Hymenoptera nation.

Ants are known as social insects because they live together or in colonies. A nest is formed regularly and has members of thousands of ants in each colony with different tasks.

One ant colony consists of several tasks that are divided, namely queen ants, male ants, worker ants to guard ants. A colony has a large territory and is able to support their life.

Ants have a relatively small body size, but ants are said to be the strongest animal in the world because they are able to support a heavy load of fifty times their own weight.

Artinya:

Semut

Semut merupakan anggota serangga yang memiliki lebih dari 12.500 jenis (spesies) di mana mayoritas hidup di kawasan tropika. Semut termasuk dalam anggota suku Formicidae dengan bangsa Hymenoptera.

Semut dikenal sebagai serangga sosial karena hidupnya secara bersama atau koloni. Suatu sarang terbentuk secara teratur dan memiliki anggota ribuan semut dalam tiap koloni dengan tugas yang berbeda-beda.

Satu koloni semut terdiri dari beberapa tugas yang dibagi, yaitu ratu semut, semut pejantan, semut pekerja hingga semut penjaga. Suatu koloni memiliki daerah kekuasaan yang luas dan mampu mendukung kehidupan mereka.

Semut memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, namun semut dikatakan sebagai hewan terkuat di dunia karena mampu menopang beban berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri.

Text descriptive 5.

The Cat

Cats are a type of carnivorous mammal from the Felidae family. Almost all over the world, there must be a cat of various types. In Indonesia alone, there are Angora, Persian, domestic, and so on. Cats have been known since 6000 years ago. Even according to archeological data, the Egyptians used to know cats to keep annoying rats away.

Cats were first classified as Felis Catus by Carolus Linnaeus. Cats are the most popular pets in the world. Cats have physical characteristics similar to tigers, but are smaller in shape. The Felidae group is a very fast growing mammal. Like rabbits, tigers, lions and cougars, cats have ears that can pick up vibrations and sounds from more than 10 meters away.

Wild cats will live in the wild and will breed very quickly, so the population will change to a lot in an instant. Until now the types of cats that are traded are only purebred cats and even specially bred.

Artinya:

Kucing

Kucing adalah jenis hewan mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Hampir di seluruh dunia, pasti ada kucing dengan beragam jenis. Di Indonesia sendiri, terdapat kucing jenis anggora, persia, domestik, dan sebagainya. Kucing sudah dikenal sejak 6000 tahun yang lalu. Bahkan menurut data arkeolog, dulunya bangsa Mesir sudah mengenal kucing untuk menjauhkan tikus-tikus yang mengganggu.

Kucing pertama kali diklasifikasikan sebagai Felis Catus oleh Carolus Linnaeus. Kucing menjadi hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing memiliki ciri fisik yang mirip dengan harimau, namun bentuknya lebih kecil. Kelompok Felidae adalah mamalia yang berkembang dengan sangat cepat. Sama halnya dengan kelinci, harimau, singa, dan cougar, kucing memiliki telinga yang mampu menangkap getaran dan suara dari jarak 10 meter lebih.

Kucing liar akan hidup secara liar dan akan berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga populasinya akan berubah menjadi banyak dalam sekejap. Sampai saat ini jenis kucing yang diperjual belikan hanya kucing ras dan bahkan dikembangbiakkan secara khusus.

Text descriptive 6.

The Cow

Cows are very useful to mankind, in supplying them with milk from which both butter and cheese are made.

Their young ones are called calves, and the flesh of calves is veal. A good Cow will give about fifteen or more quarts of milk a day, but much depends upon the quality of the pasture she feeds upon.

Her age is told by her horns; after she is three years old a ring is formed every year at the root of the horn, so that by counting the number of circles, her age may be exactly known.

Cows are sometimes prettily marked with black, brown, and yellow spots, and, as they lie scattered about a green meadow, add much to the charms of a landscape.

Artinya:

Sapi

Sapi sangat berguna bagi umat manusia, dalam memasok mereka dengan susu dari mana mentega dan keju dibuat.

Anak-anak mereka disebut anak sapi, dan daging anak sapi adalah daging sapi muda. Sapi yang baik akan menghasilkan sekitar lima belas liter atau lebih susu sehari, tetapi banyak tergantung pada kualitas padang rumput yang dia makan.

Usianya diceritakan oleh tanduknya; setelah dia berusia tiga tahun, sebuah cincin terbentuk setiap tahun di akar tanduk, sehingga dengan menghitung jumlah lingkaran, usianya dapat diketahui dengan tepat.

Sapi terkadang ditandai dengan bintik-bintik hitam, coklat, dan kuning, dan, saat mereka tergeletak di sekitar padang rumput hijau, menambah banyak pesona lanskap.

 

Magang: Muhammad Reza Ariski