Brilio.net - Explanation text adalah salah satu dari sekian banyak materi yang dipelajari dalam bahasa Inggris. Teks jenis ini dalam bahasa Inggris merupakan sebuah teks yang menjelaskan sebuah proses. Teks ini sering disamakan dengan jenis procedure text karena tujuannya yang hampir sama.

Perbedaan explanation text dengan procedure text adalah procedure text menjelaskan cara melakukan sesuatu/proses. Sedangkan explanation text sendiri menjelaskan bagaimana suatu proses itu terjadi. Meskipun terdengar sedikit membingungkan, namun jika ingin cepat memahami materi explanation text ini lebih baik juga diimbangi dengan rutin mengerjakan soal-soal latihan.

Dengan memperbanyak soal-soal latihan yang kamu kerjakan akan membuat kamu semakin paham dengan penerapannya di soal-soal ujian nantinya. Meskipun belajar menghafal materi juga penting, apabila tidak diimbangi dengan latihan soal-soal hasil yang kamu dapatkan pasti akan kurang memuaskan.

Maka tidak ada salahnya untuk menambah intensitas belajar dengan mengerjakan soal-soal latihan yang berkaitan dengan explanation text. Berikut ini 55 contoh soal explanation text beserta jawabannya yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (15/10).