Brilio.net - Essay adalah satu karya tulisan yang membahas mengenai suatu topik dari sudut pandang penulisnya. Tidak jarang, baik dosen maupun guru akan memberikan tugas untuk menulis essay dengan topik yang ditentukan kepada para murid untuk mengetahui sejauh mana kemampuan murid dalam menulis.

Untuk membuat essay dalam bahasa Inggris, tentu ada beberapa informasi yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Essay terdiri dari empat jenis yaitu narrative, descriptive, expository, dan argumentative essay.

Narrative essay berisikan tentang cerita dari sudut pandang orang pertama atau ketiga. Descriptive essay berisikan deskripsi dari suatu karakteristik objek, tempat, kejadian, maupun manusia. Expository essay berisikan pembahasan, pembandingan, maupun eksplorasi mengenai suatu masalah dengan bahasa yang mudah dipahami. Argumentative essay berisikan penjelasan mengenai suatu topik dengan dukungan data maupun dari ahli untuk meyakinkan pembaca mengenai topik tersebut.

Sementara itu, struktur essay terdiri dari tiga, yaitu indroduction (pendahuluan atau bagian pembuka dari essay), body (isi), dan conclusion (kesimpulan).

Pada pembahasan kali ini, brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (17/10), tentang tiga contoh essay dalam bahasa Inggris dan artinya yang benar, untuk membantumu lebih memahami penjelasan yang telah dijabarkan.

 

Magang: Ricka Milla Suatin