Brilio.net - Pernah tidak kamu melihat atau mendengar sebuah pengumuman? Dalam bermasyarakat pastinya kamu pernah melihat pengumuman, baik itu di jalan, di sekolah, di kantor kelurahan, di majalah dan lain sebagainya. Sebuah pengumuman dipasang agar masyarakat membaca dan memperhatikan isi dari sebuah pengumuman.

Pengumuman bukan hanya tersedia dalam bentuk bahasa Indonesia, melainkan dalam bentuk bahasa Inggris juga ada. Dalam bahasa Inggris pengumuman disebut dengan announcement. Apa itu announcement? Digunakan untuk apa sebuah announcement? 

Untuk mempelajari dan memahami lebih detail tentang sebuah announcement (pengumuman), kamu perlu simak pembahasan berikut ini. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (18/10).

Pengertian announcement (pengumuman) 

Announcement text merupakan functional text yang menunjukkan pemberitahuan resmi atau tidak resmi dalam bentuk lisan maupun tulisan. Namun, tidak semua orang yang mendengar atau membaca pengumuman tersebut memiliki kepentingan atas pengumuman tersebut. Sebuah pengumuman biasanya diletakkan ditempat yang bisa dilihat oleh banyak orang sehingga informasi yang ingin disampaikan cepat terbaca atau terdengar.

Jenis-jenis announcement (pengumuman) 

Jenis-jenis announcement atau pengumuman dapat dilihat dari fungsinya, di antaranya:

1. Losing kid announcement (pengumuman anak hilang)

2. School announcement (pengumuman sekolah)

3. Birthday announcement (pengumuman ulang tahun)

4. High school graduation announcement (pengumuman kelulusan SMA)

5. Job announcement (pengumuman pekerjaan)

6. Wedding announcement (pengumuman pernikahan)

7. Promotion announcement (pengumuman promosi)

8. Baby birth announcement (pengumuman kelahiran bayi)

Tujuan announcement (pengumuman)

Sebuah pengumuman baik resmi maupun tidak resmi memiliki tujuan yang sama yaitu memberitahukan informasi tentang sebuah kegiatan maupun suatu kepentingan bagi khalayak umum agar dapat dibaca, dipahami, dan didengarkan oleh masyarakat sehingga pesan tersebut dapat tersampaikan. Dapat dikategorikan sebuah pengumuman atau announcement apabila didalamnya terdapat pesan yang dapat disampaikan kepada khalayak ramai. Pengumuman juga disampaikan dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar mengenai himbauan, acara, aturan, kejadian dan peristiwa lainnya.

Structure of an announcement (struktur sebuah pengumuman)

Struktur dalam sebuah announcement atau pengumuman ada tiga bagian, yaitu:

1. Opening

Opening merupakan bagian pembuka pada sebuah pengumuman. Bagian opening biasanya berisi judul dan tujuan dibuatnya pengumuman atau garis besar informasi yang ingin disampaikan.

2. Content

Content merupakan bagian yang memuat informasi yang disampaikan. Dalam bagian ini terdapat unsur 5W+1H dengan tujuan agar pengumuman menjadi jelas.

3. Closing

Closing merupakan bagian penutup dalam sebuah pengumuman. Pada bagian ini berisi hal-hal seperti menghubungi kontak yang tertera, permintaan maaf, permintaan maklum, penegasan aturan dan lain-lain.