Brilio.net - Undangan formal dalam bahasa Inggris disebut juga dengan formal invitation letter. Sesuai dengan namanya, undangan formal adalah undangan yang bersifat formal dan resmi.

Undangan jenis ini biasanya diberikan untuk acara-acara yang profesional, resmi, penting, atau berskala besar yang mencakup lebih banyak orang. Umumnya, undangan resmi dikeluarkan oleh sebuah instansi atau perusahaan, walau tidak menutup kemungkinan bahwa undangan ini bisa digunakan juga oleh orang dengan lingkup yang lebih kecil.

Dalam penulisannya, undangan formal juga harus mengikuti kaidah yang berlaku. Terdapat kaidah yang harus diperhatikan oleh penulis saat menulis undangan formal salah satunya adalah harus menggunakan kalimat yang sopan dan baku. Ciri utama undangan formal adalah penggunaan kop surat.

Menurut A. Fauzi dalam buku bertajuk Mail Merge: Solusi Praktis Surat-syarat Bisnis, undangan formal biasanya menggunakan huruf yang lebih ringkas, lugas, tegas, dan tidak bertele-tele. Sementara itu, struktur undangan formal yang lengkap terdiri dari kop surat, tempat dan tanggal pembuatan surat, nomor surat, hal surat atau perihal, alamat surat, salam pembuka, isi surat, penutup, salam, dan nama pengirim surat atau identitas pengirim.

Agar lebih paham, berikut brilio.net telah merangkum secara lengkap tentang 7 contoh undangan formal dalam bahasa Inggris beragam tema, Selasa (18/10).

Contoh undangan formal dalam bahasa Inggris beragam tema © 2022 brilio.net

foto: pixabay.com

1. Contoh undangan formal dalam bahasa Inggris untuk pernikahan

November 27th, 2021
48/97 Golden Flats,
Keutamaan Dalam 3rd Street,
Jakarta Pusat

Dear Andika,

I would like to inform you that my son will be getting married in January 2022. I would love to cordially invite you for the same. The wedding starts at 7:00 AM. Reception is from 12:00 PM the same day. We would be pleased to have you with us.

We would appreciate it if you could contact me at least a day or two in advance. Please notify us of your arrival as early as possible so that we can arrange transportation and accommodation for you and your family.

We look forward to hearing from you.

Sincerely,
Dina


2. Contoh undangan formal dalam bahasa Inggris untuk Grand Opening Perusahaan

Dear Valued Customer,

Our records show that you have been a customer of PJ Party Inc. since our grand opening last year. We would like to thank you for your business by inviting you to our preferred customer Spring Extravaganza next Saturday.

Saturday's sales event is by invitation only. All of our stock, including pajamas and bedding will be marked down from 50-80% off. Doors open at 9:00 AM sharp. Complimentary coffee and donuts will be served. Public admission will commence at noon.

We look forward to seeing you at PJ's on Saturday. Please bring this invitation with you and present it at the door.

Sincerely,

Lady Liliana

Lady Liliana
Store Manager
llianaa@pjpartyonline.com

 

Penulis: Magang/Ricka Mila Suatin