Contoh kalimat tidak padu dalam paragraf bahasa Indonesia

Contoh kalimat tidak padu dalam bahasa Indonesia © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Kalimat yang ditandai dengan tanda kurung merupakan kalimat yang tidak padu. Berikut adalah contohnya:

1. Sapardi Djoko Damono merupakan seorang penyair terkemuka Indonesia. Penyair kelahiran Solo ini sudah menulis puisi sejak SMP. Buku puisi pertamanya berjudul (Duka-Mu Abadi). Puisi-puisi Sapardi begitu disukai dan dikenal masyarakat karena kata-kata yang digunakannya begitu sederhana. (Tidak rumit) merupakan pengertian dari sederhana. Salah satu puisi Supardi yang paling terkenal adalah (Aku Ingin).

2. Tahun ini, Bobi mulai menapaki dunia perkuliahan. Bobi kini berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Yogyakarta. (Yogyakarta merupakan salah satu judul lagu grup musik Kla Project). Bobi mengambil jurusan ilmu komunikasi. Dia masuk ke perguruan tinggi itu melalui jalur SBMPTN.

3. Lagu-lagu Sheila On 7 begitu disukai masyarakat Indonesia. Liriknya yang lugas dan musiknya yang gampang dicerna menjadi alasan utama hal tersebut. Saat ini, Sheila On 7 beranggotakan Akhdiyat Duta Modjo, Erros Candra, Adam Muhammad Subarkah, dan Brian Kresno Putro. (Erros Candra sempat berpacaran dengan mantan artis cilik, Leony). 8 album sudah dihasilkan oleh grup musik asal Yogyakarta ini.

4. Sudah 9 tahun aku bekerja di sini. Semua pengalaman manis dan pahit sudah kualami. Bekerja di daerah terpencil hingga dimaki habis-habisan oleh bos sudah pernah aku rasakan. Sayangnya, aku harus berhenti kerja di sini. Bukan karena tidak betah, tapi karena aku harus mengejar cita-citaku sejak masih kuliah, yaitu menjadi seorang dosen. (Mengajar mahasiswa merupakan tugas seorang dosen).

5. Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari pemberi pesan ke penerima. Terdapat 5 unsur komunikasi menurut Harrold D. Lasswell, yakni komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek. Komunikator adalah orang yang berbicara atau orang yang mengirim pesan. Pesan adalah suatu hal yang hendak disampaikan oleh komunikator ke komunikan. Media adalah sarana penyampaian pesan tersebut. Sementara itu, komunikan adalah orang yang menerima pesan dari komunikator. Efek merupakan respon komunikan atas pesan yang dikirimkan komunikator kepadanya. (Dedi Mulyana merupakan seorang akademisi di bidang ilmu komunikasi).

6. Tidak ada yang menyangka, Debby bisa menjadi penulis novel terkenal. (Novel merupakan sebuah karya sastra berbentuk prosa). Padahal, sejak kecil tidak ada tanda-tanda kalau Debby mempunyai bakat menulis, khususnya menulis sebuah novel. Diakui Debby, sebetulnya dia sudah menyukai dunia tulis menulis dan sering menulis di buku harian sejak SMP. Namun, hal tersebut dia sembunyikan karena dia merasa tidak percaya diri.

7. Ibu sedang pergi ke pasar untuk membeli sayur-sayuran. Ibu membeli beberapa sayuran untuk persediaan bahan makanan di rumah seperti terong, kubis, wortel, buncis dan brokoli. (Ibu membawa bunga.) Setelah itu, ibu mencari bahan lainnya untuk lauk pauk.

8. Aku membeli laptop baru untuk keperluan tugas sekolah. Saat pembelajaran online, aku membutuhkannya untuk masuk kelas dan mengumpulkan tugas secara online. (Aku membeli hp baru). Dengan adanya laptop, kegiatan sekolah online jadi lebih mudah.

9. Indonesia memang terkenal dengan wisata alamanya yang masih terbilang terjaga akan kelestariannya. Salah satu tempat wisata alam yang cukup terkenal di Indonesia adalah Pulau Bali. (Bali mempunyai club sepak bola Bali United).

10. Salah satu pesaing pabrikan motor dunia selain Jepang adalah Italia. Negara Italia terkenal dengan motor Vespa yang sekarang sangat mendunia. (Italia tidak mengikuti ajang sepakbola piala dunia pada tahun 2022).

11. Sebelum merdeka Indonesia sempat dijajah Jepang dan belanda selama bertahun-tahun. Namun masyarakat Indonesia tetap memilih berjuang untuk mengambil kemerdekaannya. (Ramen merupakan masakan yang berasal dari Jepang dan terkenal sangat terkenal sampai ke Indonesia).

 

Penulis: Magang/Agung Pradana Putra