Brilio.net - Dalam bahasa Inggris, terdapat banyak kata yang memiliki makna serta penggunaan yang serupa. Namun tidak banyak orang yang masih bingung dalam menggunakan kata-kata tersebut dengan benar. Seperti contohnya adalah kata although dan even though.

Kata although dan even though memang memiliki arti yang sama, tetapi kedua kata ini memiliki penggunaan yang berbeda. Although dan even though sama-sama berfungsi sebagai kata penghubung atau dalam bahasa Inggris sering disebut dengan (conjunction) dalam sebuah kalimat.

kalimat although dan even though © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian although dan even though

Although dan even though merupakan kata penghubung dalam bahasa Inggris yaitu conjunction. Dalam bahasa Indonesia although dan even though memiliki arti yang sama yaitu (meskipun, kalaupun, biarpun, atau walaupun).

Although dan even though sering digunakan pada awal kalimat subordinate clause dan sering digunakan juga untuk mengekspresikan aksi di main clause seperti (surprising, unusual, atau unexpected). Untuk penjelasan singkatnya dan even though digunakan sebagai conjunction atau kata sambung, menghubungkan dua klausa yang berada dalam satu kalimat.

Biasanya kata tersebut sering menggunakan tanda koma untuk memisahkan dua klausa tersebut. Although dan even though juga dapat diletakkan di awal maupun tengah kalimat, sesuai dengan konteks yang diperlukan.

Penggunaan although

Dalam bahasa Inggris although mempunyai beberapa macam kegunaannya sendiri. Berikut adalah beberapa macam penggunaan although dalam bahasa Inggris.

a. Although digunakan untuk menghubungkan dua hal yang bertentangan
Kata although dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk menghubungkan dua hal yang bertentangan, dua hal bertentangan itu terdapat pada klausa yang berada pada satu kalimat.

b. Although digunakan untuk menunjukkan hal yang dianggap penting
Kata although dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk menunjukkan suatu hal yang dianggap lebih penting dibandingkan dengan hal lainnya dalam sebuah kalimat.

c. Although digunakan untuk memberikan informasi yang relevan
Kata although dalam bahasa Inggris dapat digunakan untuk memberikan informasi yang relevan, oleh karena itu although dapat digunakan untuk menguatkan suatu fakta.

Penulis: Magang/Agung Pradana Putra