Brilio.net - Mempelajari bahasa Inggris memang tidak ada habisnya. Dari mulai tense, grammar, sampai verb sekalipun juga sangat luas. Mungkin sebagian orang banyak yang belum tahu dengan kata (gerund). Gerund dalam bahasa Inggris sering disebut dengan kata kerja atau verb yang diubah menjadi kata benda atau noun.

25 Contoh kalimat gerund bahasa Inggris yang mudah dipahami © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pengertian gerund

Gerund merupakan kata benda yang terbentuk dari suatu kata kerja dengan menambahkan akhiran (-ing). Ciri-ciri gerund sangatlah mudah dipahami karena semua bentuk gerund adalah kata kerja yang diberi akhiran (-ing). Gerund hampir sama bentuknya seperti dalam present participle/Verb-ing, perbedaan antara present participle adalah bahwa gerund merupakan kata benda sedangkan present participle adalah kata sifat.

Gerund bertindak sebagai kata benda sedangkan present participle bertindak sebagai kata kerja atau adjective. Gerund bisa diposisikan sebagai subjek atau objek dalam kalimat, sedangkan present participle diposisikan sebagai predikat maupun adjective untuk menerangkan kata benda. Gerund sendiri harus digunakan saat kata kerja diletakkan setelah preposisi. Hal ini juga berlaku untuk beberapa ekspresi tertentu yang berakhir dengan preposisi.

Penggunaan gerund

Gerund juga dapat dibedakan dari cara penggunaanya. Berikut adalah beberapa macam gerund dalam penggunaannya.

a. Gerund sebagai subjek
Apabila gerund digunakan sebagai subjek, maka gerund biasanya akan berada di awal kalimat.
b. Gerund sebagai objek
Apabila gerund digunakan sebagai objek, maka gerund biasanya akan berada di tengah kalimat. Gerund dapat digunakan untuk melengkapi kata kerja to be (is, am, are) maupun kata kerja lainnya.
c. Gerund setelah preposisi
Preposisi yang sering diikuti gerund adalah about, of, for, with, in, on, by, from, to, at, after, before, between. Preposisi tersebut digunakan bersama-sama dengan adjektiva atau verba tertentu.
d. Gerund dalam ungkapan
Gerund juga bisa digunakan sebagai ungkapan dalam percakapan, yaitu kata ungkapan kemudian diikuti dengan gerund. Gerund yang digunakan dalam ungkapan diantaranya let’s go , it’s worth, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat gerund bahasa Inggris © 2022 brilio.net

foto: pexels.com