Brilio.net - Bahasa Indonesia memiliki berbagai macam jenis-jenis kalimat. Salah satunya adalah kalimat aktif. Secara tak sadar, setiap harinya kamu pasti sering menggunakan kalimat aktif saat sedang sedang berkomunikasi dengan orang lain.

Kalimat aktif ini merupakan kalimat di mana subjek dari kalimat tersebut melakukan aksi atau tindakan terhadap objek. Kalimat aktif berfungsi untuk menjelaskan tentang aktivitas atau tindakan yang telah atau sedang dilakukan oleh seseorang.

Jika subjek dalam kalimat aktif berperan aktif sebagai pelaku, maka objek pada kalimat aktif ikut berperan sebagai korbannya. Adapun predikat pada kalimat aktif ini berfungsi sebagai keterangan perilaku yang dilakukan oleh subjek. Sehingga kalimat aktif berkebalikan dengan kalimat pasif.

Supaya bisa lebih jelas, berikut 80 contoh kalimat aktif berdasarkan jenis, lengkap dengan ciri-cirinya. Seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (22/9)

80 Contoh kalimat aktif berdasarkan jenis © 2023 brilio.net

foto: pixabay.com

Ciri-ciri kalimat aktif.

Terdapat ciri-ciri kalimat aktif, sebagai berikut:

1. Sering kali menggunakan kata imbuhan, seperti ber-, me-, dan lain-lain

2. Memperlihatkan bahwa subjek sedang melakukan tindakan dan perbuatan tertentu.

3. Struktur kalimat dapat lengkap dan dapat tidak lengkap. Struktur kalimat lengkap, seperti Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK).

Jenis kalimat aktif.

Ada beberapa jenis kalimat aktif secara umum dijelaskan dalam pembahasan Bahasa Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

1. Kalimat aktif transitif yang membutuhkan objek supaya struktur kalimatnya menjadi lengkap.

2. Kalimat aktif intransitif yang tidak membutuhkan objek di dalam struktur kalimatnya.

3. Kalimat aktif semitransitif yang tidak membutuhkan objek dalam struktur kalimat, namun dapat disematkan juga instrumen pelengkapnya.

4. Kalimat aktif dwitransitif yang tercipta karena adanya objek dan pelengkap dalam struktur kalimatnya (SPOK).

80 Contoh kalimat aktif berdasarkan jenis © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Berikut ulasan terkait contoh kalimat aktif berdasarkan jenisnya yang dapat dipelajari dengan mudah. Semua telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (22/9).