Brilio.net - Konjungsi merupakan kata atau ungkapan yang berguna sebagai penghubung antar kata, antar frasa, dan antar kalimat. Konjungsi menjadi hal yang penting dan dibutuhkan dalam pembentukan suatu klausa, kalimat, maupun paragraf.

Konjungsi yang menghubungkan antar kata, kelompok kata atau klausa dalam suatu kalimat disebut konjungsi intra kalimat. Bukan saja dalam bahasa tulis, konjungsi juga bisa digunakan dalam bahasa lisan sehari-hari. Penggunaan konjungsi dalam kalimat atau paragraf berfungsi supaya susunan kata atau kalimat memiliki koherensi atau keterkaitan.

Istilah konjungsi tentu bukan hal yang asing, apalagi sejak belajar membaca dan menulis sudah diperkenalkan dengan konjungsi. Contoh yang biasa disebutkan terkait dengan kata-kata konjungsi adalah tapi, dan, sedangkan, sementara itu, karena, dan sebagainya. Tentu saja dalam keseharian kata-kata konjungsi tersebut sering digunakan. Meski demikian, ada juga yang belum mengetahui lebih jelas mengenai konjungsi.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut penjelasan konjungsi dan macam-macamnya, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (1/9).