Brilio.net - Mungkin kamu pernah mendengar atau membaca teks tanggapan. Teks tanggapan atau biasa disebut teks tanggapan kritis merupakan teks yang berisikan kritik tajam terhadap suatu hal atau persoalan mengenai kesalahan dan biasanya terjadi saat ada perdebatan.

Permasalahan yang dibahas pada teks tanggapan biasanya berupa kritikan pedas terkait kesalahan atau isu-isu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Selain berupa kesalahan dan isu sosial, serta bentuk-bentuk kritik lainnya yang berhubungan dengan fenomena sosial di masyarakat, teks tanggapan dibuat untuk menanggapi suatu permasalahan.

Teks tanggapan memberi pandangan terhadap suatu hal, baik mendukung atau menolak, dengan disertai argumen yang objektif, sopan, logis, dan jelas. Informasi yang terkandung dalam teks ini dapat menjadi saran yang membangun.

Hal ini juga menjadi sarana bagi pengkritik dan yang dikritik untuk berdialog secara sehat dengan memperhatikan aturan tertentu.

Pernyataan di atas sejalan dengan pendapat seorang ahli bernama Mulyadi, yang mengemukakan bahwa teks tanggapan adalah teks yang berisi tanggapan, berupa dukungan atau penolakan, terhadap sebuah hal atau peristiwa yang didukung oleh data pendukung tanggapan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (11/4), berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Tanggapan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, tanggapan dapat diartikan sebagai suatu sambutan terhadap ucapan yang dapat berwujud kritik, komentar, dan lain sebagainya.

Sementara itu, menurut Sujanto dalam penelitian pada tahun 2004, tanggapan merupakan suatu gambaran pengamatan yang berasal dari kesadaran seorang manusia ketika telah melakukan pengamatan.

Oleh karena itu, teks tanggapan dapat disebut sebagai sebuah teks yang bisa disampaikan melalui komentar, evaluasi, kritik, pujian, dukungan, hingga penolakan terhadap suatu hal. Beberapa hal yang dapat ditanggapi biasanya berangkat dari sudut pandang atau pengamatan yang muncul dalam pemikiran seseorang.