Penggunaan even though

Sama seperti although, kata even though dalam bahasa Inggris juga mempunyai beberapa macam kegunaannya sendiri. Berikut adalah beberapa macam penggunaan even though dalam bahasa Inggris.

a. Even though digunakan untuk menghubungkan dua hal yang bertentangan
Kata even though juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua hal yang bertentangan dalam satu kalimat. Pada bagian ini even though mempunyai kegunaan yang sama dengan although, oleh karena itu even though dapat digunakan untuk menggantikan although dan tetap memiliki makna yang sama tanpa mengubah hal apapun.

b. Even though digunakan untuk memberi penekanan yang lebih kuat
Kata even though dapat digunakan untuk memberi penekanan yang lebih kuat mengenai hal-hal yang bertentangan. Karena kata even though dapat menunjukkan hal sangat bertolak belakang, sehingga even though membutuhkan penekanan yang kuat.

c. Even though digunakan untuk menunjukkan suatu hal tanpa menyangkal hal lainnya Kata even though dapat digunakan untuk menunjukkan suatu hal dalam kalimat dengan tidak menyangkal kebenaran hal-hal lainnya. Penggunaan even though ini menunjukkan bahwa suatu hal tertentu tidak lantas untuk membuat hal lain salah atau tidak terjadi.

kalimat although dan even though © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Contoh kalimat yang menggunakan although dan even though beserta artinya

Setelah mengetahui pengertian serta penggunaan although dan even though, berikut contoh kalimat yang menggunakan although dan even though beserta artinya yang di rangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/11).

1. Although the seafood looks delicious, she never eats it. (Meskipun makanan lautnya terlihat lezat, dia tidak pernah memakannya)

2. Although you are smart, they will not hire you as my employee. (Meskipun Anda pintar, mereka tidak akan mempekerjakan Anda sebagai karyawan saya)

3. Although she is rude, I think she still loves you. (Meskipun dia kasar, aku pikir dia masih mencintaimu)

4. Although they cannot go, I am sure they will come to be here. (Meskipun mereka tidak bisa pergi, saya yakin mereka akan datang ke sini)

5. Although my uncle is rich, he never spends his money for unimportant stuff. (Meskipun paman saya kaya, dia tidak pernah membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting)

6. Although your sister is arrogant, I still like her. (Meskipun adikmu arogan, aku masih menyukainya)

7. Although my brother is handsome, he never played a girl. (Meskipun saudara laki-lakiku tampan, dia tidak pernah memerankan seorang gadis)

8. I think he is a good man even though he has poor judgment. (Saya pikir dia pria yang baik meskipun dia memiliki penilaian yang buruk)

9. The phone woke me up, even though it wasn't very loud. (Telepon membangunkan saya, meskipun tidak terlalu keras)

10. Even though he never completed college, he runs a successful software company. (Meskipun dia tidak pernah menyelesaikan kuliah, dia menjalankan perusahaan perangkat lunak yang sukses)

11. Maya is not ashamed of what she does, even though she ends up doing something wrong. (Maya tidak malu dengan apa yang dia lakukan, meski akhirnya dia melakukan sesuatu yang salah)

12. She doesn't want to give up, even though she knows she doesn't have a legal right. (Dia tidak ingin menyerah, meskipun dia tahu dia tidak memiliki hak hukum)

13. They could do their own cooking, even though it wouldn't be as nice. (Mereka bisa memasak sendiri, meskipun itu tidak sebaik itu)

14. It’s like people know me somehow, even though I never met them. (Sepertinya orang-orang mengenal saya, meskipun saya tidak pernah bertemu mereka)

15. I can talk to Donnie even though he can't talk back to me. (Saya dapat berbicara dengan Donnie meskipun dia tidak dapat membalas saya)