Brilio.net - Menyusun kalimat yang baik sangat berpengaruh dalam bahasa Inggris karena salah menggunakan ejaan atau salah memilih kata dapat mengubah arti dalam penulisan atau penyampaian bahasa Inggris. Oleh karena itu seseorang harus memperhatikan grammar, penggunaan tense, kata bantu, kata keterangan, dan kata hubung. Hal yang paling mendasar untuk dipelajarai dalam bahasa Inggris yaitu cara menggunakan conjunction atau kata hubung dengan baik dan benar. Salah satunya adalah penggunaan kata hubung (so that) dan (such that).

Pengertian so that 

'So that' merupakan bentuk conjunction atau kata hubung dalam bahasa inggris, arti dari 'so that' hampir sama dengan 'so'. Hanya saja 'so that' merupakan bentuk adverb clause marker, sehingga arti dari 'so that' lebih kepada (agar, supaya, sehingga). 

Fungsi 'so that', yaitu untuk menyatakan suatu keinginan atau harapan, tujuan akan dilakukannya suatu tindakan, dan mencegah suatu hal terjadi dalam kalimat. Dalam menggunakan kata (so that), ada kalanya jenis kata kerja moda atau tambahan yang harus turut dimasukkan ke dalam kalimat. Modal yang dimaksud antara lain 'can/could' (bisa) dan 'will/will not' (akan). Rumus penggunaan (so that) adalah sebagai berikut (subject + verb) , (so + adjective + that) atau (so that + subject + verb)

Pengertian 'such that'

'Such that' merupakan salah satu conjunction atau kata hubung dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan sebab dan akibat. Adapun arti 'such that' adalah sedemikian, begitu, sehingga. Rumus penggunaan 'such that' adalah sebagai berikut (such + noun/ noun phrase) atau (adjective + noun) + that + clause). 'Such' dan 'that' yang mengapit noun (kata benda) atau bisa juga mengapit noun phrase yang terdiri dari adjective + noun (kata sifat + kata benda). Setelah kata that, maka diikuti oleh clause yang merupakan kalimat. Kalimat terdiri dari subject dan verb.

Perbedaan 'so that' dan 'such that'

Perbedaannya 'so that' dan 'such that' sendiri hanya terletak pada penempatan (part of speech). Setelah kata 'such' harus diikuti noun phrase (kata benda), sedangkan setelah kata so diikuti adjective (kata sifat).