Brilio.net - Dalam bahasa Inggris, terdapat dua tipe kalimat, yaitu kalimat verbal dan kalimat nominal. Kalimat tersebut merupakan dua kalimat dasar dalam bahasa Inggris yang wajib diketahui. Dengan mempelajari kalimat verbal dan nominal maka seseorang dapat dikatakan sebagai langkah awal untuk menguasai bahasa Inggris.

Pengertian kalimat verbal.

Dikutip dari laman sederet.com, kalimat verbal merupakan kalimat yang menggunakan kata kerja (verb). Kata kerja atau verb tersebut dapat berupa present form (v1), past form (v2), present participle form (v3) maupun verb- ing.

Sebuah kalimat dapat menjadi verbal apabila terdapat kata kerja atau verb dalam kalimat tersebut tanpa memperhatikan posisi dari kata kerja tersebut. Rumus penggunaan verbal dalam sebuah kalimat adalah sebagai berikut (kata kerja + subjek + objek).

Dalam kalimat verbal, kalimat ini dapat dibagi menjadi tiga jenis berbeda. Terdapat kalimat verbal positif yang sering juga disebut sebagai kalimat afirmatif. Secara umum kalimat ini digunakan untuk menggambarkan kejadian atau aksi. Kemudian terdapat kalimat verbal negatif yang pada umumnya hanya menambahkan (do, does,did not) sebelum kata kerja. Kemudian yang terakhir terdapat kalimat verbal interogatif yang dibentuk dengan menaruh (do, does, did) pada awal kalimat.

Pengertian kalimat nominal.

Kalimat nominal merupakan kalimat yang berpredikat kata benda. Kalimat nominal sendiri yaitu kalimat yang berpredikat bukan dari kata kerja, melainkan berjenis kata benda, kata sifat, kata bilangan, kata ganti, atau kata keterangan. Jadi dapat diartikan lagi kalimat nominal adalah kalimat yang tidak menggunakan kata kerja (verb) tetapi menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb) dari kelompok (to be), di antaranya (is, am are, was, were dan be). Rumus penggunaan kalimat nominal dalam sebuah kalimat dapat digambarkan seperti (subjek + to be + ANA/Adjective, Noun, Adverb).

Sama seperti kalimat verbal, kalimat nominal juga memiliki beberapa jenis. Terdapat kalimat nominal positif yang juga disebut sebagai kalimat afirmatif, kalimat ini biasanya digunakan untuk menggambarkan situasi, posisi atau tingkat. Kemudian terdapat kalimat nominal negatif yang biasanya dibentuk hanya dengan menambahkan (not) di depan nomina atau kata bendanya. Terakhir terdapat kalimat nominal interogatif yang dibentuk dengan menempatkan verba (to be) di awal kalimat.

Contoh kalimat verbal dan nominal berbagai sumber

foto: pexels.com

 


Magang: Agung Pradana Putra