Contoh kalimat yang menggunakan so that dan such that bahasa Inggris

So that

1. I buy an umbrella so that it’s no problem if it is rain (aku membeli sebuah payung sehingga tidak masalah jika hujan)

2. I buy a new pen so that I can write again (Aku membeli sebuah pena agar supaya saya dapat menulis lagi)

3. My mom buys vegetable so that we can dinner (Ibuku membeli sayuran sehingga kita dapat makan malam)

4. I think she must water the flower regularly so that it can grow well. (Menurutku dia harus menyirami bunganya secara rutin supaya bisa tumbuh dengan baik)

5. Maya calls me so that we can sharing about anything (Maya menelepon ku sehingga kami dapat bercerita tentang apapun)

6. He studied hard so that he could pass the test. (Dia belajar keras agar dapat lulus tes tersebut)

7. I'll tell you the best route so that you arrive on time. (Saya akan mengatakan padamu rute terbaik supaya kamu tiba tepat waktu)

8. She didn't reply to my texts so that I tried to call her. (Dia tidak membalas pesan-pesan saya, oleh karena itu saya mencoba meneleponnya)

9. I will wake up earlier so that I can exercise before going to school. (Aku akan bangun lebih awal agar aku bisa berolahraga sebelum berangkat ke sekolah)

10. Amir studies English every day so that his English can improve (Amir belajar Bahasa Inggris setiap hari agar Bahasa Inggrisnya meningkat)

11. Maya studied hard so that she could pass the test (Maya Belajar dengan giat agar bisa lulus ujian)

12. I will go to Korea so that I can learn Korean (Saya akan pergi ke Korea agar saya bisa belajar Bahasa Korea)

13. They come to school in the morning so that they can do their homework (mereka datang pagi-pagi supaya bisa mengerjakan PRnya)

14. I will save my pocket money so that I can buy a laptop. (Aku akan menabungkan uang sakuku supaya bisa membeli laptop)

15. They must always clean their room so that they can sleep well. (Mereka harus selalu membersihkan kamarya supaya bisa tidur dengan nyenyak)

 

Such that

1. There is such a traffic jam that we choose other ways. (Di sana ada kemacetan sehingga kami memilih jalan lain)

2. Yesterday we went to Amir's house. It was such a massive house that we had to follow him behind. (Kemarin kami ke rumah Amir. Itu adalah rumah yang begitu besar sehingga kami harus mengikutinya di belakang)

3. The building is such a tallest building among others that we many people take its picture. (Bagunan itu adalah bangunan yang begitu tertinggi di antara yang lain sehingga banyak orang mengambil gambarnya)

4. He talks such a wise man that we would do anything he orders. (Dia berbicara sedemikian bijaksana sehingga kami mau melakukan apapun yang ia perintahkan)

5. The movie such an inspiring movie that I just cannot move on from. (Film itu begitu menginspirasi sehingga saya tidak bisa bangkit/lepas darinya)

6. The guide gives such clear direction that we could get to the place on time. (Pemandu itu memberikan sedemikian arahan yang jelas sehingga kami dapat sampai ke tempat itu tepat waktu)

7. The story contains such great message that we realize before doing something, it should be think over again. (Cerita ini berisi sedemikian pesan yang luar biasa sehingga kami sadar sebelum melakukan sesuatu, harus dipikirkan kembali lagi)

8. Our mom made such delicious food yesterday that we ate a lot. (Ibu kami memasak makanan yang sedemikian enak kemarin sehingga kami makan yang banyak)

9. It is such a lovely day that we are going to the beach at 4 o'clock later. (Hari ini begitu bagus sehingga kami akan pergi ke pantai pada pukul 4 tepat nanti)

10. The country sends such continuous helping that the victims of flood get enough food supply. (Negara mengirimkan sedemikian bantuan yang terus-menerus sehingga para korban banjir mendapatkan persedian makanan yang cukup)

11. The village is located in such a remote area that we get there for about 12 hours by car. (Desa itu terletak pada sedemikian tempat terpencil sehingga kami sampai di sana selama sekitar 12 jam dengan mobil)

12. The mushrooms are such the death caused that parents must avoid their children from those. (Jamur-jamur itu sedemikian penyebab kematian sehingga orang tua harus menjauhi anaknya dari itu)

13. The river is such a cold and clean that we cannot stand for (Sungai itu sedemikian dingin dan jernih sehingga kami tidak menahan untuk berenang)

14. My brother writes such a tidy and clean proposal that I want him to write mine, too. (Saudara laki-laki saya menulis sedemikian proposal yang rapi dan bersih sehingga saya ingin memintanya untuk menulis juga untuk saya)

15. The professor gave such a difficult test that we could not answer (Profesor itu memberikan tes yang susah sehingga kami tidak bisa menjawab dengan lengkap)

 

Penulis: mg/Muhammad Reza Ariski