Brilio.net - Sejak di kelas 8 kamu telah diperkenalkan dengan pola bilangan. Secara harfiah pola bilangan berasal dari kata-kata pola dan bilangan. Pola berarti bentuk yang tetap dan bilangan artinya satuan jumlah atau angka. Jadi, dapat dipahami bahwa pola bilangan merupakan susunan angka yang membentuk pola tertentu.

Pola bilangan terdiri dari beberapa jenis seperti pola bilangan ganjil, pola bilangan genap, pola bilangan geometri, dan berbagai jenis pola bilangan lainnya. Setiap pola bilangan ini dapat dihitung dengan rumusnya tersendiri. Nah, pada artikel ini brilio.net akan menjabarkan tentang rumus pola bilangan.

Rumus pola bilangan merupakan salah satu materi dasar matematika yang wajib dipahami oleh siswa-siswi. Sebab, rumus pola bilangan jadi pengetahuan dasar untuk memecahkan masalah matematika seputar geometri ataupun aritmatika. Selain itu, rumus pola bilangan dapat digunakan untuk mempelajari sifat-sifat bilangan, menyelesaikan masalah matematika, dan mengembangkan pemikiran logis dan kreatif.

Berikut penjelasan lengkap tentang rumus pola bilangan, beserta pengertian, jenis-jenis, cara menghitung, dan contoh soalnya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (3/11).