Brilio.net - Indonesia sebagai negara tropis selalu mengalami musim panas setiap tahunnya. Pada musim panas ini, cuaca sehari-hari akan cenderung lebih panas dari biasanya. Bahkan di level yang paling ekstrem, menurut data BMKG suhu bisa mencapai 37,4° Celcius seperti yang terjadi di kota Majalengka per 6 Oktober 2023.

Di cuaca yang panas, kamu perlu mengetahui sebuah rumus yang berguna sebagai pengetahuan untuk mengukur sebuah suhu terhadap resiko dan dampaknya pada tubuh manusia.

Apakah kamu pernah dengar tentang rumus IWL? Rumus IWL adalah sebuah metode pengukuran yang digunakan untuk mengevaluasi risiko panas atau dampak suhu ekstream terhadap tubuh manusia, terutama pada kondisi kerja di luar ruangan.

Rumus IWL ini merupakan indikator penting dalam mengevaluasi risiko kelelahan panas dan penyakit terkait suhu pada lingkungan kerja, serta aktivitas luar ruangan. Rumus IWL mencakup beberapa faktor termal seperti suhu udara, kelembaban, kecepatan angin, dan radiasi matahari.

Ketika cuaca sedang panas-panasnya, badanmu ikut merasakan suhu yang tinggi sehingga tubuh akan beraksi dengan berkeringat. Nah, Rumus IWL berguna untuk mengukur seberapa jauh tubuhmu bisa menahan rasa panas dari kondisi suhu tertentu. Selain itu, rumus IWL digunakan untuk mengidentifikasi resiko kesehatan akibat rasa panas yang mendera tubuh seseorang.

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa baanget nih menyimak penjelasan yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/11), Rumus IWL, pengertian, cara hitung dan manfaat mengetahuinya saat cuaca panas.

Pengertian IWL

IWL punya istilah lain yakni Indeks Wet Bulb Globe Temperature. Rumus IWL adalah pengukuran yang menggabungkan beberapa elemen iklim termal. Pengukuran menggunakan rumus IWL memberikan informasi tentang persepsi suhu yang dirasakan dan risiko panas yang mungkin dialami manusia.

Rumus IWL ini dirancang untuk memberikan informasi yang lebih komprehensif daripada sekadar suhu udara saja, karena suhu udara saja tidak memberikan gambaran lengkap tentang kondisi termal di luar ruangan.