Brilio.net - Rumus rata rata data kelompok, juga dikenal sebagai rata-rata berbobot dalam pelajaran statistik. Rumus ini merupakan salah satu metode untuk menghitung nilai tengah atau pusat dari sekelompok data yang telah dikelompokkan ke dalam interval atau kelas tertentu.

Rumus rata rata data kelompok sangat berguna dalam analisis statistik karena memungkinkan kamu bisa menganalisis sebuah data yang sangat besar atau terstruktur dengan lebih efisien.

Nah, khusus buat kamu yang mungkin sedang kebingungan akan apa itu rumus rata rata data kelompok, berikut ini brilio.net merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (26/10), pengertian rata rata data kelompok, memberikan contoh soal, dan menunjukkan trik untuk menghitungnya dengan mudah. Cekidot!

Pengertian Rumus Rata Rata Data Kelompok

Rumus rata rata data kelompok dalam statistik Berbagai sumber

Rumus rata rata data kelompok dalam statistik
freepik.com

Rumus rata rata data kelompok adalah metode statistik yang digunakan untuk menemukan nilai rata-rata dari sekelompok data yang telah dikelompokkan atau diintervalkan.

Data kelompok adalah cara untuk mengorganisasi data numerik ke dalam kelompok atau interval sehingga kita dapat meringkas informasi dengan lebih efisien daripada dengan daftar panjang data tunggal.

Biasanya, rumus rata rata data kelompok digunakan ketika kamu memiliki data yang sangat luas atau beragam, seperti data dari survei, penjualan, atau hasil ujian.

Adapun rumus rata rata data kelompok tertulis seperti pada gambar berikut ini:

Rumus rata rata data kelompok dalam statistik Berbagai sumber

Rumus rata rata data kelompok dalam statistik
istimewa

Dalam rumus rata rata data kelompok ini, kamu akan mengalikan setiap titik tengah interval dengan frekuensinya. Setelah itu menjumlahkannya, untuk kemudian membaginya dengan jumlah total data dalam semua kelompok.