Brilio.net - Median adalah sebuah ukuran statistik yang digunakan untuk menentukan nilai tengah dari sebuah kumpulan data yang telah diurutkan. Median merupakan nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama, dengan setengah data berada di atas median dan setengahnya berada di bawahnya.

Median juga menjadi salah satu ukuran pusat yang cukup sering digunakan dalam statistik. Median tidak dipengaruhi oleh outlier atau nilai ekstrem dalam data, sehingga median dapat menjadi salah satu alternatif cara untuk menggambarkan nilai tengah yang representatif.

Dalam materi statistika, terdapat dua jenis perhitungan median, yaitu median data tunggal dan median data kelompok. Median data tunggal merupakan data sederhana yang belum dikelompokkan ke dalam kelas-kelas interval, sementara median data kelompok merupakan data berkelompok yang sudah diurutkan dari interval terkecil ke interval terbesar.

Agar kamu bisa lebih paham dan mengerti tentang median data kelompok, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber tentang rumus median data kelompok lengkap dengan pengertian dan cara pengerjaannya pada Sabtu (21/10).

Pengertian media data kelompok.

 rumus median data kelompok © berbagai sumber

foto: unsplash.com

Median data kelompok adalah jenis median yang digunakan saat data yang dimiliki telah dikelompokkan ke dalam interval atau kelas. Data kelompok sering digunakan dalam analisis statistik saat tidak memiliki akses langsung ke setiap titik data individu, tetapi hanya memiliki informasi tentang sebaran data dalam interval atau kelas.

Median data kelompok juga dinilai sebagai representasi nilai tengah dari data yang telah dikelompokkan ke dalam interval atau kelas. Perhitungan median data kelompok dapat berfungsi untuk memberikan gambaran pusat data, membuat data lebih tahan terhadap outlier atau nilai ekstrem daripada rata-rata, dan untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang distribusi data.