Brilio.net - Perbandingan berbalik nilai memiliki konsep yang tak lepas dari kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika kamu merasakan perbedaan waktu tempuh antara dua sepeda dengan kecepatan yang berbeda-beda. Atau pernah menghitung berapa banyak kertas yang bisa dicetak dengan mesin cetak yang berbeda-beda?

Jika ya, maka kamu telah menggunakan konsep matematika yang disebut perbandingan berbalik nilai. Perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan antara dua besaran yang berbanding terbalik dan memiliki nilai yang sama. Untuk memahami rumus ini tidak terlalu rumit.

Pasalnya, brilio.net sudah mengulas tuntas rumus, pengertian, dan cara pengerjaan soal seputar perbandingan berbalik nilai yang mudah dipahami. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang rumus perbandingan berbalik nilai yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (27/10).

Definisi perbandingan?

Rumus perbandingan berbalik nilai © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) perbandingan merupakan rasio. Rasio berarti hubungan bilangan antara dua hal yang mirip atau perbandingan antara berbagai gejala yang dapat dinyatakan dengan angka. Jadi secara umum, perbandingan merupakan upaya yang dilakukan untuk membandingkan antara dua hal atau lebih, baik dalam bentuk jumlah maupun ukuran tertentu.

Terdapat dua jenis perbandingan, yaitu perbandingan nilai dan perbandingan berbalik nilai. Perbandingan nilai merupakan perbandingan suatu nilai variabel yang bertambah. Sementara perbandingan berbalik nilai sebagai berikut.