Brilio.net - Salah satu bentuk bangun datar yang sering kamu temukan sehari-hari adalah lingkaran. Bentuk ini terdiri dari semua titik dalam bidang yang berjarak tertentu dari titik tertentu.

Dalam pelajaran Matematika, lingkaran adalah salah satu bangun datar yang wajib dipelajari. Mulai dari menghitung jari-jari, luas, hingga diameter lingkaran, selalu jadi bahan di salah satu soal Matematika yang diujikan.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk memahami rumus diameter lingkaran, mulai dari pengertian, contoh soal, hingga trik mudah mengerjakannya. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (27/10).

Pengertian Rumus Diameter Lingkaran

Diameter lingkaran adalah garis lurus yang melewati pusat lingkaran dan membagi lingkaran menjadi dua setengah lingkaran yang sama besar. Dalam hal ini, pusat lingkaran adalah titik di tengah lingkaran yang berfungsi sebagai pusat simetri.

Diameter sangat penting dalam geometri dan matematika karena memiliki beberapa peran penting dalam menghitung sifat-sifat lingkaran dan bangun-bangun geometri lainnya. Nah, setelah memahami pengertian simpel di atas, mari coba perhatikan rumus diameter lingkaran berikut ini.

Rumus diameter lingkaran freepik.com

foto: freepik.com

Rumus Diameter Lingkaran

Diameter lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan rumus sederhana berikut:

Diameter (d) = 2 x jari-jari (r)

Catatan:
- (D) adalah diameter lingkaran.
- (r) adalah jari-jari lingkaran.

Rumus diameter lingkaran ini menunjukkan bahwa diameter adalah dua kali panjang jari-jari lingkaran. Jari-jari lingkaran adalah jarak dari pusat lingkaran ke tepi atau sisi lingkaran.