Brilio.net - Bola adalah bentuk yang sangat populer dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi di bidang olahraga seperti sepak bola, voli, basket, bola menjadi barang utama untuk melakukan pertandingan. Tapi tahukah kamu? kalau bola dibuat dengan ukuran menggunakan rumus bola dengan begitu teliti.

Dalam pelajaran matematika di sekolah, kamu pasti akan diajarkan tentang rumus bola. Rumus bola adalah alat untuk mengukur bangun ruang bola yang memiliki sifat unik dan penting dalam berbagai aplikasi ilmiah.

Rumus bola sendiri berguna untuk mengukur bangunan yang bentuknya berupa lingkaran tiga dimensi ini. Dimana, dimana semua titik punya jarak sama dari titik pusatnya. Sifat ini menjadikan bangun ruang memiliki rumus bola yang khas, dimana semua titik di permukaannya berjarak sama dari titik pusatnya.

Nah, untuk menghitung mulai dari luas dan volume, kamu tentu perlu memahami rumus bola. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (31/10), berikut penjelasan Rumus bola lengkap, pengertian, jenis rumus, contoh soal dan trik mudah mengerjakannya

Pengertian Bola

Rumus bola lengkap Berbagai sumber

Rumus bola lengkap
byjus.com

Dalam definisi matematisnya, bola sering digambarkan sebagai himpunan titik dalam ruang tiga dimensi, yang berjarak kurang dari atau sama dengan suatu jari-jari tertentu dari pusatnya. Bentuk bola ini sangat penting dan sering ditemui dalam matematika, fisika, kimia, dan berbagai bidang ilmu lainnya.

Selain itu, dalam geometri, bola adalah bentuk tiga dimensi yang terdiri dari semua titik yang berjarak sama dari pusatnya. Rumus bola memiliki sifat unik di mana semua titik di permukaannya berjarak sama dari pusatnya.

Bola juga merupakan salah satu bentuk geometris yang sering ditemui dalam berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, fisika, dan ilmu kimia. Sifat dan rumus bola memiliki peran penting dalam berbagai perhitungan dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Rumus Bola

Rumus-rumus utama yang terkait dengan bola meliputi:

1. Rumus Volume Bola

Volume bola adalah ruang yang diisi oleh bola. Rumus untuk volume bola adalah:

V = 4/3 πr³

Catatan:
- V adalah volume bola
- r adalah jari-jari bola.

Nah, berikut ini mari perhatikan beberapa jenis rumus bola lengkap.

2. Rumus Luas Permukaan Bola

Luas permukaan bola mengacu pada luas total seluruh permukaan bola. Rumus untuk luas permukaan bola adalah:

A = 4 πr²

Catatan:
- A adalah luas permukaan bola
- r adalah jari-jari bola.