Brilio.net - Persamaan kuadrat adalah salah satu materi matematika yang sering dipelajari di sekolah. Persamaan kuadrat memang sering dihindari banyak siswa. Pasalnya, rumus persamaan kuadrat sering dianggap sulit untuk dipecahkan. Padahal, jika bersungguh-sungguh memahami materi rumus persamaan kuadrat ini, kamu pasti dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan rumus persamaan kuadrat.

Secara sederhana, rumus persamaan kuadrat merupakan persamaan matematika yang memiliki variabel dengan pangkat tertinggi dua. Rumus persamaan kuadrat ini memiliki keunikan tersendiri. Untuk menjawab soal-soalnya bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti faktorisasi maupun menggunakan cara kuadratik.

Nah, supaya kamu lebih paham tentang rumus persamaan kuadrat ini, brilio.net mengulas lengkap tentang rumus persamaan kuadrat mulai dari pengertian, sifat, contoh soal dan cara pengerjaan soal, dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (31/10). Yuk simak dibawah ini!

Definisi dan rumus persamaan kuadrat.

rumus persamaan kuadrat © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Persamaan kuadrat adalah persamaan matematika yang memiliki variabel dengan pangkat tertinggi dua. Bentuk umum persamaan kuadrat adalah:

ax² + bx + c = 0

di mana a, b, c R dan a = tidak sama dengan 0.

Persamaan kuadrat juga disebut persamaan parabola karena jika digambarkan dalam grafik, akan membentuk kurva berbentuk parabola. Persamaan kuadrat memiliki dua akar, yaitu nilai-nilai x yang memenuhi persamaan tersebut.

Dalam persamaan kuadrat, tujuan utama adalah untuk menemukan nilai-nilai dari x yang memenuhi persamaan, yaitu nilai-nilai yang membuat kedua sisi persamaan menjadi sama (memuaskan persamaan). Nilai-nilai ini disebut akar atau solusi persamaan kuadrat.

Persamaan kuadrat memiliki dua solusi utama, yaitu akar-akar kuadrat. Akar-akar kuadrat ini dapat ditemukan menggunakan rumus persamaan kuadrat atau dengan menggunakan faktorisasi, metode pohon kuadrat, atau metode lainnya.

Jika diskriminan (bagian dalam rumus kuadrat) positif, maka persamaan memiliki dua akar berbeda. Jika diskriminan nol, maka persamaan memiliki satu akar ganda, dan jika diskriminan negatif, maka persamaan tidak memiliki akar real (solusi kompleks).

Untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat dapat menggunakan beberapa cara, di antaranya:

- Faktorisasi yaitu mencari dua faktor dari persamaan kuadrat yang jika dikalikan akan menghasilkan nol.

- Melengkapkan kuadrat sempurna yaitu mengubah persamaan kuadrat menjadi bentuk (x + p)² = q dengan cara menambahkan atau mengurangi suku tertentu.

- Rumus kuadratik atau rumus ABC yaitu menggunakan rumus persamaan kuadrat berikut untuk mencari akar-akar persamaan kuadrat:

x = -b ± √b² - 4ac / 2a