Jenis-jenis rumus pola bilangan.

rumus pola bilangan © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Ada beberapa jenis rumus pola bilangan, setiap jenis pola bilangan memiliki rumusan dan perhitungannya tersendiri, di antaranya sebagai berikut:

1. Pola bilangan ganjil.

Pola bilangan ganjil adalah susunan bilangan yang terdiri dari bilangan ganjil, yaitu bilangan yang tidak habis dibagi dua. Contoh pola bilangan ganjil adalah 1, 3, 5, 7, 9, ….

Rumus untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan ganjil adalah Un = 2n - 1, di mana n adalah bilangan asli.

2. Pola bilangan genap.

Pola bilangan genap adalah susunan bilangan yang terdiri dari bilangan genap, yaitu bilangan yang habis dibagi dua. Contoh pola bilangan genap adalah 2, 4, 6, 8, 10, ….

Rumus untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan genap adalah Un = 2n, di mana n adalah bilangan asli.

3. Pola bilangan aritmatika.

Pola bilangan aritmatika adalah susunan bilangan yang memiliki selisih tetap antara dua suku berurutan. Contoh pola bilangan aritmatika adalah 3, 7, 11, 15, 19, … (selisihnya adalah 4).

Rumus pola bilangan untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan aritmatika adalah Un = a + (n - 1)b, di mana a adalah suku pertama dan b adalah selisihnya.

4. Pola bilangan geometri.

Pola bilangan geometri adalah susunan bilangan yang memiliki rasio tetap antara dua suku berurutan. Contoh pola bilangan geometri adalah 2, 6, 18, 54, 162, … (rasionya adalah 3).

Rumus pola bilangan untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan geometri adalah Un = ar^(n-1), di mana a adalah suku pertama dan r adalah rasionya.

5. Pola bilangan persegi.

Pola bilangan persegi adalah susunan bilangan yang merupakan kuadrat dari bilangan asli. Contoh pola bilangan persegi adalah 1, 4, 9, 16, 25, ….

Rumus untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan persegi adalah Un = n^2, di mana n adalah bilangan asli.

6. Pola bilangan segitiga.

Pola bilangan segitiga adalah susunan bilangan yang merupakan jumlah dari n buah bilangan asli pertama. Contoh pola bilangan segitiga adalah 1, 3, 6, 10, 15, ….

Rumus pola bilangan untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan segitiga adalah Un = n(n + 1)/2, di mana n adalah bilangan asli.

7. Pola bilangan fibonacci.

Pola bilangan fibonacci adalah susunan bilangan yang setiap sukunya merupakan jumlah dari dua suku sebelumnya. Contoh pola bilangan fibonacci adalah 1, 1, 2, 3, 5, ….

Rumus untuk menentukan suku ke-n dari pola bilangan fibonacci adalah Un = Un-1 + Un-22.

8. Pola bilangan pascal.

Pola bilangan pascal adalah susunan bilangan yang membentuk segitiga pascal. Setiap sukunya merupakan hasil kombinasi dari n buah objek yang diambil k buah. Contoh pola bilangan pascal:

Baris Suku
Pertama U1.0 = 1
Kedua U2.0 = 1, U2.1 = 2, U2.2 = 1
Ketiga U3.0 = 1, U3.1 = 3, U3.2 = 3, U3.3 = 1
Keempat U4.0 = 1, U4.1 = 4, U4.2 = 6, U4.3
= 4, U4.4 = 1

Rumus untuk menentukan suku ke-n,k dari pola bilangan pascal adalah Un,k = n!/(k!(n-k)!), di mana n dan k adalah bilangan asli dan k ≤ n.