Brilio.net - Bola adalah salah satu bentuk yang sering kamu temukan di berbagai tempat. Bentuk bangunan lingkaran tiga dimensi ini punya peran krusial dalam menciptakan berbagai alat yang menunjang kehidupan sehari-hari. Ada bola lampu, bola mata, bola sepak, bola voli, bola kasti, bahkan bentuk planet yang kamu tinggali ini berbentuk bola. 

Rumus setengah bola adalah metode mengukur bentuk tiga dimensi yang merupakan separuh dari bentuk bola. Rumus setengah bola yang mengukur separuh bagian bola memiliki sifat-sifat unik dan sering digunakan dalam konteks matematika dan fisika.

Rumus setengah bola penting untuk menghitung berbagai parameter terkait dengan bentuk bola seperti luas permukaannya dan volume. Pengetahuan tentang rumus setengah bola dapat diterapkan dalam berbagai bidang, mulai dari matematika dan fisika hingga rekayasa dan desain.

Materi rumus setengah bola tentu nggak ketinggalan untuk dipelajari di sekolah. Untuk itu, penting bagi kamu mempelajarinya agar bisa mudah ketika mengerjakan soal yang menggunakan rumus setengah bola ini.

Nah, berikut ini kamu akan menyimak rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (2/11), berikut ini penjelasan tentang rumus setengah bola, pengertian, contoh soal, serta trik mudah mengerjakannya.

Rumus setengah bola Berbagai sumber

foto: freepik.com

Pengertian Rumus Setengah Bola

Rumus setengah bola mengacu pada formula matematika yang digunakan untuk menghitung luas permukaan dan volume dari bentuk setengah bola. Setengah bola adalah bangun ruang tiga dimensi yang dihasilkan dari mengiris bola pada bidang diametralnya, sehingga menghasilkan separuh bagian dari bentuk bola.