Brilio.net - Agar pertandingan atau perlombaan olahraga lancar dan terhindar dari aksi curang, maka dibikin sebuah peraturan. Tak hanya mengatur perihal teknis olahraga itu sendiri, tata tertib dalam olimpiade atau pesta olahraga biasanya juga mengatur tindak-tanduk atlet saat berada di luar lapangan selama masa acara berlangsung.

Sayangnya, tak semua atlet menjunjung tinggi tata tertib tersebut. Buktinya, dalam beberapa kejuaraan besar olahraga, tak jarang ditemui atlet yang tiba-tiba dipulangkan oleh panitia maupun pengurus delegasinya sendiri.

Alasannya pun beragam, mulai dari hal-hal bersifat politik hingga nyeleneh tapi mengundang kontroversi.

Nah, berikut ini telah brilio.net rangkum sejumlah kasus dan alasan dari diusirnya atlet dari ajang olahraga dunia, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (21/8).

1. Menyewa PSK - 4 atlet basket dari Jepang.

Loading...

alasan atlet dipulangkan © 2018 brilio.net

foto: kyodonews.net

Insiden ini dilakukan 4 pemain basket Jepang. Komite Dewan Olimpiade jepang (JOC) memutuskan untuk memulangkan keempat atlet tersebut dari gelaran Asian Games 2018 karena diduga terlibat skandal prostitusi bersama PSK di 'red district' populer di Jakarta setelah makan malam dan meninggalkan Kampung Atlet.

2. Rasisme - bek Timnas Swiss.

alasan atlet dipulangkan © 2018 brilio.net

foto: mirror.co.uk

Michel Morganella, bek Timnas Swiss pernah dipulangkan oleh tim Olimpiade Swiss karena menulis status berbau rasisme di akun Twitternya. Dirinya dinilai menghina timnas dan rakyat Korea Selatan dengan menyebut 'gerombolan Mongoloid'.

3. Mabuk - atlet sepeda dari Belgia.

alasan atlet dipulangkan © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@gijsvanhoecke

Terpampangnya foto-foto mabuk Gijs van Hoecke, atlet sepeda dari Belgia saat mengunjungi sebuah klub malam di London seusai berlaga di Velodrom, membuat Komite Olimpiade Belgia langsung 'mengusrinya' dari perlombaan.

4. Menolak menjabat tangan lawan - judoka asal Mesir.

alasan atlet dipulangkan © 2018 brilio.net

foto: telegraph.co.uk

El Shehaby, judoka asal Mesir ditegur dan dipulangkan kontingen Mesir setelah menolak menjabat tangan lawannya dari Israel Or Sasson selepas berlaga. Shehaby tidak mau berjabat tangan dengan dalih tidak ada aturan seperti itu dalam pertandingan judo. Akan tetapi, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menegaskan bahwa perilaku judoka tersebut bertentangan dengan aturan dan semangat Olimpiade serta aturan fair play.

5. Meludahi lawan - pemain Timnas Malaysia.

alasan atlet dipulangkan © 2018 brilio.net

foto: mstar.com.my

Pemain tengah timnas Malaysia, Nazmi Faiz Mansor dipulangkan dari gelaran Sea Games 2015 silam setelah meludah ke arah lawannya. Aksi tersebut dilakukannya saat Negeri Jiran bertanding melawan Timor Leste.