Brilio.net - Kalau bicara tentang garam, apa yang kamu bayangkan? Sebagai bumbu masakan? Jelas. Terasa asin? Pasti. Tapi pernahkah terlintas di benakmu bahwa garam bisa digunakan untuk eksperimen yang menakjubkan?

Dikutip brilio.net dari akun YouTube BuzzFeedBlue, Jumat (7/8), berikut video 'keajaiban' garam yang patut kamu tahu:

Jadi, ada lima eksperimen yang ada dalam video tersebut, yaitu:

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Sendok ajaib

Terlihat dalam bagian pertama, garam dan lada ditaburkan di atas piring. Kemudian dipersiapkan pula kain syal dan sendok. Sendok tersebut digosok-gosokkan bagian belakangnya ke permukaan kain selama beberapa kali. Ternyata, permukaan sendok yang digosokkan ke syal tadi bisa menjadi magnet bagi serpihan garam dan lada tadi.

2. Es ditali

Ada sebuah es batu dalam ukuran kecil dan tali. Ujung tali diletakkan di atas es batu lantas ditaburi garam. Otomatis es sedikit mencair dan permukaannya menjadi menempel dengan ujung tali tersebut.

3. Keajaiban koin

Kamu yang punya koin kusam, coba deh, cara ini. Campur cuka dan garam ke dalam cangkir kosong. Aduk sampai larut kemudian cucilah koin ke dalam campuran larutan ini. Koinmu berubah kinclong!

4. Garam rasa manis

Rasa garam jelas asin dong, guys. Namun saat kamu campur garam dengan tepung, voilaaa..., manis! Kok bisa ya?

5. Pohon ajaib garam

Dibuatlah miniatur pohon dan dua lembar kertas yang sudah berpola mirip pohon. Ujung-ujungnya diberi warna merah dan abu-abu. Di sisi lain, mangkuk diisi air, garam, zat pewarna biru, dan ammonia (usahakan jangan terkena kulit atau dihirup). Campuran di dalam mangkuk diaduk kemudian replika pohon dari kertas tadi diletakkan di atasnya. Dan walaa..., bisa kamu lihat apa yang terjadi! Campuran cairan dalam mangkuk tadi merembes naik ke kertas dan muncul seperti serpihan putih yang menempel di kertas. Persis pohon terkena salju, ya.

Lebih asyik lagi kalau kamu mau coba sendiri di rumah. Selamat mencoba dan berkreasi!

(brl/gib)