Brilio.net - Garam merupakan salah satu bumbu untuk hampir semua jenis masakan. Namun, ternyata tak hanya sebagai bumbu dapur saja, garam juga bisa membantumu mengatasi beberapa 'permasalahan' di rumahmu.

Dilansir brilio.net dari timesofindia.indiatimes.com, Senin (27/4), berikut ini manfaat garam yang perlu kamu tahu:

1. Membersihkan kotoran di tapak setrika

9 Manfaat garam yang bisa kamu gunakan sehari-hari di rumah

Permasalahan yang sering muncul pada setrika adalah tapak setrika yang menghitam. Untuk mengatasinya, hidupkan setrika sampai memanas. Taburi sejumlah garam di atas kertas lilin. Kemudian pindahkan besi panas di atas kertas. Biarkan kotoran hitam itu hilang.

2. Menyingkirkan jamur
Kamu cukup menggunakan pasta dari garam yang dicampur air jeruk nipis untuk menghilangkan noda jamur dan bau dari pakaian atau handuk. Gosokkan pasta pada noda, kemudian biarkan mengering (idealnya di bawah sinar matahari). Setelah itu baru bisa kamu cuci seperti biasa.

3. Sabun pencuci piring
Kamu bisa mencampur garam dan baking soda sebagai pencuci piring, lho.

4. Membersihkan spons pencuci piring
Larutkan seperempat cangkir garam dalam 2 gelas air di baskom. Rendamlah spons tersebut dalam campuran garam dan air selama semalam, dan hasilnya bisa kamu lihat sendiri. Kotorannya hilang.

5. Membersihkan minyak yang tersisa di loyang untuk memasak kue

9 Manfaat garam yang bisa kamu gunakan sehari-hari di rumah

Taburkan garam di atas minyak yang menempel di loyang kue, kemudian tambahkan air. Tunggulah 10 menit. Garam dan air akan melarutkan lemak sehingga loyang kinclong kembali.

6. Membersihkan talenan kayu yang kotor
Kamu tidak cukup mencuci talenan yang baru kamu pakai hanya dengan mencucinya dengan sabun. Biar terlihat lebih bersih lagi, kamu perlu mensterilkan dengan campuran air panas, garam, dan air jeruk nipis.

7. Membersihkan serpihan cangkang telur
Kamu tidak perlu bersusah payah mengambil serpihan di lantai atau meja dengan tisu. Cukup taburi serpihan yang tercecer itu dengan garam, tunggulah selama 10-15 menit. Garam akan mengubah serpihan telur itu menjadi pasir lembut sehingga mudah untuk dibersihkan.

8. Membersihkan noda anggur merah
Kamu bisa menaburkan garam pada noda segar (baru saja terjadi) dan tunggulah selama 5 menit. Setelah itu, percikkan air dingin dan gosok sampai noda menghilang.

9. Membersihkan rambut-rambut rontok yang jatuh sehingga menyumbat saluran air

9 Manfaat garam yang bisa kamu gunakan sehari-hari di rumah

Kamu bisa mencampur 1/4 cangkir baking soda dan 1/4 cangkir garam. Terlebih dahulu, kamu harus mengambil rambut-rambut itu dari lubang saluran itu (dengan menggunakan sarung tangan tentunya), lalu tuangkan campuran baking soda dan garam tadi ke lubang saluran. Disusul dengan menuangkan 1/2 cangkir cuka putih. Setelah 15 menit kamu diamkan, bilaslah dengan air panas.